Kejar Target Akta Lahir, Tangsel Gandeng Sekolah

106

BJ Online TANGSEL – Untuk mencapai target nasional dalam pencapaian pembuatan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng sekolah untuk mensosialisasikan pembuatan akta lahir.

Kepala Bidang Catatan Sipil pada Disdukcapil Tangsel, Sumoharjo mengatakan, pemerintah telah membuat target pencapaian akta kelahiran di lima tahun pertama. “Dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), target pembuat akta kelahiran 77,5 persen,” ungkapnya, Rabu (30/3).

Target pencapaian akta ini untuk anak usia 0-18 tahun. Dari jumlah anak di usia itu di Tangsel, minimal harus 77,5 persen memiliki akta lahir. Pihaknya, menggandeng sekolah melalui Dindik dan Gugus Sekolah. Nanti, dindik dan gugus sekolah yang langsung mengajak warga melalui siswa di kelas untuk taat membuat akta kelahiran.

“Di sini ada 27 gugus sekolah. Gugus sudah punya sistem, mereka yang mengkoordinasikan, membantu mengajak masyarakat untuk membuat akta,” katanya.

Sebetulnya, jumlah pemilik akta lahir untuk anak usia 0-18 tahun di Tangsel sudah 89 persen lebih. Namun demikian, pusat tetap memberikan target itu ke Tangsel. “Karena angka dalam persentase 89 persen di Tangsel belum semuanya masuk pusat. Karena, sebagian data belum menggunakan sistem administrasi kependudukan,” pungkasnya. (nov)

BAGIKAN