Tangsel Targetkan 700 Bank Sampah

498

BJ Online TANGSEL – Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim telah memiliki 130 bank sampah yang tersebar di seluruh wilayah tersebut. Ditargetkan sebanyak 700 bank sampah akan dimiliki tiap RW di kota Tangsel.

“Setiap kecamatan kelurahan termasuk RW dan RT dukung mereka dan perkuat atau perbanyak di wilayah Bank Sampah. Sebab Walikota menginginkan disetiap satu RW ada bank sampah,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan DKPP Tangsel Yepi Suherman, Rabu (30/3).

Lebih lanjut Yepi mengatakan, pihaknya juga menginginkan disetiap kantor SKPD, Kelurahan dan Kecamatan harus memiliki Bank Sampah. Saat ini baru ada di DKPP dan BLHD saja. Jika pemerintah tidak bergerak bagaimana masyarakat bisa begerak.

“Pemimpin wilayah juga harus memberi contoh kepada masyarakatnya. Makanya saat ini kita undang Lurah dan Camatnya langsung. Sebab ini sangat penting, karena jumlah sampah per hari di Tangsel 10 ton, sedangkan TPA kita terbatas,” imbuhnya.

Jika nanti ada Bank Sampah, minimal sampah 40 persen bisa berkurang. Jadi yang organic saja yang dikirim ke TPA. Masalah ini sudah pernah disosialisasikan sejak tahun 2014 tapi gerakannya masih belum maksimal.

“Saya harapkan minimal di kantornya bersih, para pegawainya harus sadar. Menurut saya ini harus ada punishment dari pemimpinnya sehingga semua bergerak,” pungkasnya. (nov)

BAGIKAN