Sejumlah BPD Berencana IPO

241

BJ Online JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan, sejumlah bank pembangunan daerah (BPD) merencanakan untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) dalam rangka menambah permodalan. “Salah satunya BPD Sumsel Belitung yang menyatakan minatnya. Namun, kami belum tahu keputusan akhirnya seperti apa karena mereka sedang melakukan kajian secara internal,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Jumat (1/4).

Rencananya, dana IPO yang nantinya diraih akan digunakan untuk memperkuat permodalan agar dapat menyalurkan kredit ke masyarakat lebih luas. Selain sektor perbankan, lanjut Samsul Hidayat, sejumlah anak usaha BUMN juga turut merencanakan IPO, yakni PT Waskita Beton Precast. Sejumlah perusahaan swasta juga berniat untuk melakukan IPO yakni PT Cikarang Listrindo. “Minat IPO masih cukup besar seiring dengan tren ekonomi nasional yang terus bertumbuh,” katanya.

Selain IPO, Samsul Hidayat juga mengatakan bahwa perusahaan sektor perbankan juga berminat untuk menerbitkan surat utang atau obligasi di tengah minimnya likuiditas dari dana pihak ketiga. “Bisa jadi, penurunan suku bunga deposito menjadi salah satu faktornya sehingga akhirnya mencari dana dari pasar modal,” katanya.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio menambahkan, sejumlah perusahaan yang berminat melakukan IPO masih melakukan kajian mengenai proyeksi, administrasi, harga, serta investor yang dituju. “Tidak ada yang salah. memang seperti agar IPO-nya dapat diserap pasar,” katanya.

Untuk lebih menarik minat, Ia mengatakan bahwa BEI akan gencar membuka galeri atau kantor cabang di daerah agar dapat mengedukasi dan mensosialisasikan kepada perusahaan mengenai manfaat melakukan IPO. (ant)

BAGIKAN