BJ Online JAKARTA – Seniman legendaris keroncong Waljinah terharu hingga berkaca-kaca matanya saat Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta. Jokowi menyampaikan, “Ibu Waljinah terima kasih atas totalitasnya mengabdi dan menjaga kebudayaan Indonesia.”

Waljinah, kelahiran 7 November 1945, malam itu duduk di kursi roda. Dia berkali-kali mengucapkan terima kasih atas tanda tresno atau tanda cinta yang disampaikan Presiden secara langsung kepadanya.

Presiden sempat mengobrol secara pribadi beberapa saat dengan Waljinah di atas panggung. Presiden menanyakan kesehatan Waljinah yang malam itu mengenakan kebaya merah.

Presiden Jokowi menyerahkan karangan bunga dan satu amplop putih yang dia ambil dari kantong celananya. Pentas musik keroncong langgam Jawa yang menampilkan penyanyi Waljinah tersebut, berlangsung dua hari, pada Jumat dan Sabtu malam, 1-2 April 2016.

Pertunjukan musik keroncong yang mendapat dukungan Kementerian Pariwisata itu dalam rangka melestarikan musik keroncong sebagai daya tarik wisata budaya.

Turut hadir mendampingi Presiden, sejumlah pejabat dan menteri, di antaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mendikbud Anies Baswedan, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (arn)

BAGIKAN