Capri Everitt, Pelantun 80 Lagu Kebangsaan Dunia Hadir di Indonesia

799

BJ Online JAKARTA  – Capri Everitt, Duta SOS Children’s Villages Pelantun 80 Lagu Kebangsaan Dunia Hadir di Indonesia Jakarta (3/4)-Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tentu sudah biasa bagi kita, terutama saat upacara bendera dan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun bila yang menyanyikan lagu kebangsaan karya W.R. Supratman tersebut adalah seorang gadis kecil berusia 11 tahun dari negara asing yang berbahasa utama Inggris, tentunya hal ini menjadi luar biasa.

Capri Everitt, gadis cilik berusia 11 tahun berkebangsaan Kanada yang merupakan Duta Remaja termuda dari SOS Children’s Villages, sebuah organisasi sosial nirlaba yang bergerak untuk memperjuangkan hak-hak anak, pada hari Minggu 3 April 2016 menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat Car Free Day di area Thamrin, Jakarta melalui kampanye global bertajuk “Around the World in 80 Anthems.” Melalui aksinya tersebut, Capri mengunjungi 80 negara dan menyanyikan lagu kebangsaan setiap negara yang dikunjunginya. Kegiatan ini merupakan salah satu cara penggalangan dana untuk SOS Children’s Villages, yang ditargetkan akan meraih dana sebesar satu juta dollar untuk membantu anak-anak dan keluarga dalam pengasuhan SOS Children’s Villages yang tersebar di 134 negara.

“Menyanyi adalah talenta dan minat saya. Saya senang dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan haknya khususnya hak mereka untuk mendapatkan pengasuhan yang baik seperti yang selama ini sudah dilakukan SOS Children’s Villages di banyak negara lewat village yang mereka bangun. Tidak semua anak mengetahui lagu-lagu pop yang terkenal, tapi saya yakin mereka semua pasti bisa menyanyikan lagu kebangsaan mereka. Jadi, lewat Around the World in 80 anthems ini saya akan menanyikan lagu kebangsaan mereka,” jelas Capri.

National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo menyambut baik inisiatif Capri Everitt dalam membantu anak-anak di berbagai belahan dunia. Komitmen Capri Everitt sebagai duta remaja SOS Children’s Villages merupakan wujud upayanya untuk membangun global awareness tentang pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan lewat berbagai kegiatan, salah satunya adalah aksi penggalangan dana “Around the World in 80 Anthems.

“Salah satu hak dasar anak yang dilindungi oleh Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak dan tentunya wajib menjadi perhatian negara dalam upaya pemenuhannya adalah hak partisipasi untuk menyampaikan pendapat. Apa yang dilakukan Capri lewat Around The World in 80 Anthems adalah wujud ekspresi seorang anak yang terketuk hatinya untuk menjadi bagian dari solusi dalam membantu pemenuhan hak-hak dasar anak,” ungkap Hadi Nitihardjo.

Capri juga didukung oleh berbagai elemen masyarakat saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, termasuk komunitas Sahabat Anak Negeri, yang didirikan oleh 5 selebriti ternama, yaitu Teuku Zacky, Dira Sugandi, Shanty, Widi Mulya dan Rebecca Reijman.

“Kami senang bisa bekerjasama untuk pertama kalinya dengan SOS Children’s Villages melalui Around the World in 80 Anthems, di mana Capri Everitt menyanyikan lagu kebangsaan kita dengan tujuan untuk membantu anak-anak mendapatkan pengasuhan yang baik. Keluarga memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa dan pengasuhan anak yang baik dan benar sangatlah penting untuk menciptakan suatu keluarga yang harmonis dan mencetak penerus generasi bangsa yang unggul serta dapat berkontribusi bagi masa depan bangsa Indonesia”, ucap Teuku Zacky, salah satu pendiri komunitas Sahabat Anak Negeri.

Capri yang telah memulai aksinya sejak November 2015 lalu bertepatan dengan peringatan Hari Anak Universal, hingga kini telah mengunjungi 36 negara. Indonesia akan menjadi negara ke-37 yang akan dikunjunginya. Selain Komunitas Sahabat Anak Negeri, aksi Capri saat Car Free Day juga dimeriahkan oleh Lampu Percussion (kelompok perkusi beranggotakan anak-anak remaja SOS Children’s Village Jakarta), Paduan Suara Anak dari SOS Children Village Jakarta dan Taman Surapati Chamber.

Selain menyanyi di Car Free Day, Capri juga akan menyapa anak-anak Bandung, tepatnya di Trans Studio Mall pada tanggal 6 April 2016 pukul 16.00 diiringi oleh Paduan Suara dari Purwarcaraka Choir. Keesokan harinya Capri akan meninggalkan Indonesia untuk bertolak ke Srilanka dan melakukan kegiatan serupa. (grd)

BAGIKAN