Atlas Abad ke-17 Keluaran Amsterdam Dilelang Rp5 M

363

BJ Online LONDON – Salah satu atlas paling spektakuler di dunia yang diproduksi di Amsterdam pada tahun 1660-an akan dijual seharga 270 ribu poundsterling atau setara Rp5,09 miliar di rumah lelang Sotherby di London.

Seperti dilansir dari laman Dailymail, Selasa (5/4). Eksplorasi yang dipimpin oleh orang-orang seperti Columbus dan Vasco de Gama telah membuka pintu ke dunia baru dan ekspansi geografis di era penemuan hebat telah membuka kemungkinan terciptanya atlas spektakuler seperti yang diciptakan seorang ahli kartografer (pembuat peta), Johannes Blaeu, yang menggantikan ayahnya Willem Blaeu sebagai kepala kartografer Dutch East India Company pada saat Amsterdam menjadi pusat pembuatan peta dunia.

David Goldthorpe, Head of Books dari Sotheby London, menjelaskan, rumah lelang memperkiraan atlas ini akan di jual seharga 230 ribu sampai 270 ribu poundsterling. Head of Books dari Sotheby London percaya bahwa karya Blaeu ini merupakan “puncak” dalam sejarah pembuatan atlas. “Tidak diragukan lagi ini adalah atlas paling spektakuler yang pernah diproduksi. Atlas ini telah tersebar di seluruh Eropa dan menjadi simbol nyata dari Republic of the United Netherlands. Atlas tersebut terdiri dari sembilan volume yang merupakan kumpulan dari 600 ukiran peta dan pemandangan. Atlas berwarna ini menjadi atlas paling mahal dari abad ke-17,” jelasnya.

Atlas buatan Blaeu ini diterbitkan dalam bahasa Latin, Prancis, Belanda, Jerman, dan Spanyol. Namun salinan atlas yang akan di lelang nanti dicetak dalam bahasa Belanda. Volume 4 dari atlas ini berisis tentang 58 peta Inggris dan Wales, termasuk ilustrasi pandangan monumen batu dari zaman Neolitikum, Stonehenge, dan Avebury. Atlas milik Van de Werve, yang merupakan salah satu keluarga bangsawan tertua di Antwerp, Belgia, ini akan dijual di Sotherby pada penjualan benda-benda bersejarah di London tanggal 26 April mendatang.(arn)

BAGIKAN