Shaq, Iverson, dan Yao Pimpin Hall Of Fame 2016

157

BJ Online MASSACHUSETTS – Shaquile O’Neal, Allen Iverson, Tom Izzo, dan pionir bola basket modern Yao Ming dan Sheryl Swoopers memimpin Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016 yang diumumkan pada Senin waktu setempat. Sosok yang lama menjadi pemilik dan ketua Chicago Bulls Jerry Reinsdorf akan diabadikan dan sosok-sosok lain yang juga mendapat penghargaan adalah wasit NBA Darrell Garretsn, John McLendon, yang merupakan pelatih Afrika-Amerika pertama di bola basket profesional, dan mantan bintang Zelmo Beaty dan Cumberland Posey.

O’Neal merupakan mesin dunk dengan tinggi badan 2,16 meter yang tidak dapat dihentikan, yang 15 kali terpilih mengikuti All-Star NBA. Ia merupakan pemegang MVP untuk tiga Final NBA, memenangi empat gelar NBA, dan merupakan MVP NBA pada 2000. Ia merupakan salah satu dari bintang-bintang pertama yang meraih kesuksesan di luar permainan bola basket, dengan menjadi bintang iklan serta tampil reguler di layar bioskop.

Iverson merupakan point guard yang rata-rata mencetak 26,7 angka meski hanya memiliki tinggi badan 1,82 meter. Pemain yang 11 kali mengikuti All-Star NBA serta berjuluk “The Answer” ini merupakan pilihan nomor satu dalam draft 1996. Ia kemudian menjadi rookie terbaik, memenangi empat gelar pencetakan angka serta memenangi MVP NBA pada 2001, memimpin Sixers ke Final NBA, di mana mereka kalah dari Lakers yang saat itu diperkuat O’Neal.

Izzo memenangi gelar nasional di Michigan State pada 2000, memimpin Spartans ke tujuh Final Four, dan mendulang 524 kemenangan sepanjang karirnya sejak menjadi pelatih kepala Michigan State pada 1995. Swoopes merupakan pemain pertama yang dikontrak di WNBA, dan memenangi tiga penghargaan MVP dan empat gelar WNBA.

Ming, pilihan nomor satu secara keseluruhan pada 2002 dari Houston Rockets dan pemain center transenden bertinggi 2,31 meter, dikenal karena membuka pintu bagi bintang-bintang internasional serta melalui torhan statistiknya.

Karir Ming berakhir lebih dini karena cedera-cedera pada kakinya namun ia rata-rata membukukan 19 angka, 9,2 rebound, dan 1,9 block per perandingan dalam delapan musim, namun hanya bermain lima kali pada dua musim terakhirnya. Reinsdorf juga merupakan pemilik Chicago White Sox, namun ia lebih populer untuk tindakannya mendongkrak Bulls menuju pemenang yang konsisten sepanjang tim itu mengandalkan pasangan Michael Jordan dan Phil Jackson. Bulls memenangi enam kejuaraan NBA pada 1990-an. Garretson merupakan wasit NBA selama 27 tahun dan menghabiskan 17 tahun sebagai ketua perwasitan di liga. (ant)

BAGIKAN