BJ Online LONDON – Gelandang bertenaga kuda Manchester City Yaya Toure akan meninggalkan klub pada akhir musim setelah tidak ditawari kontrak baru, kata agennya pada Senin waktu setempat. Pemain internasional Pantai Gading berusia 32 tahun itu, yang menjadi pemain terbaik Afrika selama empat tahun berturut-turut dari 2011, didatangkan City dari Barcelona dengan harga 24 juta pound pada Juli 2010.

Enam tahun silam Toure dijual oleh pelatih Barca saat itu Pep Guardiola, yang akan menggantikan Manuel Pellegrini sebagai manajer City ketika pria asal Spanyol itu meninggalkan Bayern Munich pada akhir musim ini. “Kami telah menunggu terlalu lama. Manchester City menjanjikan kesepakatan namun tidak ada yang diwujudkan maka Yaya akan hengkang pada Juni,” kata agennya Dimitri Seluk kepada televisi Sky Sports.

“Yaya kecewa, tentu saja, namun ia merupakan profesional dan ia tetap berada di bawah kontrak maka ia akan terus melakukan penampilan terbaiknya untuk City.”

Toure telah dikait-kaitkan media dengan kepindahan ke Inter Milan yang dilatih mantan manajer City Roberto Mancini. “Beberapa tawaran telah datang untuk Yaya dan kami mengevaluasinya,” kata Seluk. “Inter? Kami tentu saja berbicara mengenai klub hebat.”

“Semua orang tahu mengenai hubungan antara Yaya dan Mancini namun… kami sekarang belum mengambil keputusan apapun. Proyek Nerazzurri merupakan hal hebat dan Inter adalah klub fantastis, maka normal saja mereka menginginkan pemain di level ini.”

Toure menjuarai Liga Utama Inggris bersama City pada 2012 dan 24014, Piala FA pada 2011, dan Piala Liga pada 2014 dan 2016. City akan mengunjungi markas Paris St Germain (PSG) pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions mereka pada Rabu. (ant)

BAGIKAN