Perdagangan Berjangka Komoditi perlu Diperbaiki

116

BJ Online JAKARTA – Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi berjanji untuk terus memperbaiki perdagangan berjangka komoditi. Hal ini diungkapkan Bachrul saat melakukan pertemuan dan berdialog dengan 100 lebih pelaku perdagangan berjangka komoditi di Jakarta, Selasa (5/4),

Ini merupakan pertemuan pertama Bachrul Chairi sebagai Kepala Bappebti dengan para pialang berjangka setelah ia dilantik pertengahan Maret lalu. Pertemuan ini membahas tema “Memacu pertumbuhan transaksi multilateral PBK dengan integritas”.

Bachrul mengungkapkan harapannya terkait target yang ingin dicapai di bidang perdagangan berjangka komoditi. “Kita punya target 20 persen market share tahun 2016 ini. Nah, bagaimana masing-masing perusahaan berkontribusi agar target 20 persen itu bisa dicapai,” ungkap Bachrul, dalam siarab pers di Jakarta, Rabu (6/4).

Menurut Bachrul perlu langkah bersama antara Bappebti sebagai badan pengawas bersama para pelaku pasar, dan untuk itu ia membuka diri untuk menerima saran dan masukan. “Kita bangun bersama image perdagangan berjangka. Bappebti tidak bisa melakukannya sendirian,” katanya.

Sementara sejumlah pialang mengungkapkan berbagai hal yang ditemui dalam aktivitas perdagangan berjangka. “Sampai sekarang transaksi multilateral belum sukses. Seharusnya transaksi fisiknya dulu diperbaiki,” ujar Alijaya, salah seorang pialang. Sementara pialang lainnya mengungkapkan apresiasinya terhadap pertemuan ini.

Komunikasi dan pertemuan dengan para pelaku pasar komoditi akan dilakukan secara lebih reguler, agar dirinya bisa mendapat masukan. Ditekankan bahwa apa yang akan dilakukan oleh Bappebti adalah bagaimana memberikan perlindungan yang lebih terhadap nasabah dalam aktivitas perdagangan berjangka komoditi.

Ia berharap ada concern bersama dalam membangun PBK (Perdagangan Berjangka Komoditi). “Mari kita lakukan bersama. Saya akan melihat kepentingan semua pihak dalam membangun PBK. Saya akan open untuk menerima masukan-masukan,” tambah Bachrul Chairi.

Dalam pertemuan ini Bachrul Chairi didampingi Kabiro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti Pantas Lumban Batu, Kabiro Pembinaan Pengawasan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Bappebti Retno Rukmawati, serta Kabiro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Sri Hariyati. Juga tampak hadir Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi. (arn)

BAGIKAN