Terima Putusan MA, Kemenpora Segera Bersikap

107

BJ Online JAKARTA – Pihak Kemenpora akhirnya menerima hasil putusan Mahkamah Agung (MA) yang memenangkan PSSI, dan akan segera membahas dari segi hukum. Surat putusan MA itu diterima Kemenpora, melalui Deputi IV, Gatot S Dewabroto, dan sudah ditelah secara lengkap. Rencananya hasil putusan MA tersebut akan segera dibahas secara hukum, untuk mengambil langkah-langkah tepat yang akan disampaikan oleh Menpora.

Menurut Gatot saat menjadi pembicara dalam Seminar Sehari Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI) bertema Revolusi Mental Sepakbola Indonesia di Hotel Century, Jakarta, mengaku sejauh ini Kemenpora akan segera komunikasi dengan biro hukum humas, walau tidak dipungkiri Kemenpora pasti akan mematuhi putusan MA. “Kami akan sampaikan putusan tersebut ke Menpora untuk mengambil langkah-langkah dalam waktu dekat,” kata Gatot di Jakarta, kemarin.

MA sudah memenangkan tuntutan PSSI terkait pengajuan kasasi terhadap SK Pembekuan PSSI yang ditetapkan Menpora, dan berdasarkan putusan tersebut menyatakan, bahwa pembekuan yang ditetapkan Menpora tidak diakui. Untuk itulah Gatot menilai bersamaan Revolusi Mental yang diusung oleh Presiden RI, Joko Widodo, khususnya terkait tata kelola sepak bola Indonesia, maka Menpora saat ini akan melakukan pembenahan secara baik.

“Menpora sedang mempersiapkan tata kelola sepak bola sesuai arahan Presiden, dan kami ingin apa yang sedang dibahas oleh BASRI segera terlihat hasil konkrit tidak hanya pembahasan biasa,” tutur Gatot.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum BASRI, Eddy Sofyan mengaku berkepentingan terhadap situasi sepak bola Indonesia yang berhenti usai ditetapkannya pembekuan PSSI. “Kondisi ini harus berakhir, apalagi saat Menpora memberikan sanksi, maka yang menjadi poin penting adalah revolusi mental, dan diharapkan lahirkan beberapa pendapat untuk memulai lagi,” tutur Eddy. (pts)