BJ Online JAKARTA – Berbagai jenis pesawat yang dimiliki TNI AU akan unjuk kebolehan dalam atraksi udara memperingati HUT TNI AU ke-70, di Taxyway Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 9 April besok.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriatna, menjelaskan, atraksi tersebut terbuka untuk masyarakat. “Pesawat-pesawat TNI AU, akan melaksanakan berbagai atraksi udara, seperti Flypass Composite Strike Pesawat Tempur, Flypass Simulasi Serangan Udara Langsung (SUL), Display Tim JAT, Bomb Burt, HighSpeed Past, serta penarikan banner,” ujarnya usai Gladi Bersih HUT TNI AU ke-70 di Halim Perdanakusuma Kamis (7/4)

Pada Demo Composite Strike sebanyak 16 pesawat tempur yang terdiri dari 4 pesawat Sukhoi Su-27/30, 4 pesawat F-16, 4 pesawat Hawk 100/200 dan 4 pesawat T-501, akan mendemontrasikan serangan udara strategis (OSUS). Selain itu empat pesawat T-501 juga akan mendemontrasikan serangan udara langsung (SUL).

Tak kalah menariknya adalah Flypass oleh 16 pesawat latih Grob G-120 TP dengan membentuk angka “70” serta manuver cantik tim JAT yang diperankan oleh 6 pesawat KT-1 Woong Bee. Selain itu dua pesawat C-130 Hercules akan menerjunkan ratusan prajurit Paskhasau,”jelas Kasau

Selain demo udara, juga akan ditampilkan demo darat, berupa simulasi perang kota oleh prajurit Paskhas yang akan memperagakan berbagai taktik, strategi, dan keterampilan pertempuran darat.

Peringatan hari jadi TNI AU ke-70 tahun ini mengambil tema “Dilandasi Moralitas, Integritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI AU Siap Mengamankan Wilayah Dirgantara Dalam Rangka Penegakan Kedaulatan NKRI.” Tema tersebut menyiratkan adanya komitmen yang kuat dari TNI AU dalam melaksanakan tugas sebagai penegak kedaulatan wilayah udara dan hukum dirgantara.

Artinya kata Kasau, untuk ke depan seluruh personil TNI AU baik prajurit maupun PNS, harus memiliki karakter ahlak yang kuat. “Dengan karakter dan ahlak yang kuat insya Allah tidak akan terpengaruh dengan lingkungan atau apa saja. sehingga mereka ini mempunyai sesuatu integritas , dan profesionalitas,” jelasnya

Pada upacara nanti akan melibatkan 1.820 pasukan dari dua Brigade. Brigade upacara I terdiri dari satu Batalyon Pamen gabungan, satu Batalyon Pama gabungan, satu Batalyon gabungan taruna AAU, Wara dan Pomau, satu Batalyon air crew. Brigade Upacara II terdiri dari satu Batalyon Paskhas, satu Batalyon Bintara dan Tamtama, satu Batalyon PNS dan kelompok Potdirga.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, seperti kegiatan Bulan Kedirgantaraan, dengan beberapa olah raga dirgantara, melaksanakan donor darah, perlombaan lari. “Selanjutnya insya Allah besok kita akan melaksanakan ziarah kubur, di makam Pahlawan kali bata,” ungkap Kasau. (arn)

BAGIKAN