BJ Online JAKARTA – Insiden terjadi saat gladi bersih HUT TNI AU ke-70. Dua penerjun payung Paskhas TNI Angkatan Udara (AU) tewas saat latihan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kadispenau Marsekal Pertama TNI AU, Dwi Badarmanto, menjelaskan, insiden tersebut terjadi akibat payung kedua penerjun tak mengembang dengan sempurna.

Dua anggota Denmatra I Paskhas yang meninggal tersebut, atas nama Kopda Benny dan Pratu Supranoto. Kopda Benny tewas karena mengalami benturan cukup keras di taxiway karena tak stabil mengendalikan parasutnya. Pratu Supranoto yang mengalami masalah pada bagian parasut yang tak bisa terbuka sempurna dan akhirnya jatuh di atap rumah pemukiman penduduk.

Keduanya segera dilarikan ke rumah sakit. Namun nyawa keduanya tak dapat diselamatkan lagi.

Acara gladi bersih tersebut rencananya diperuntukkan sebagai salah satu acara yang ditampilkan saat perayaan HUT TNI AU yang ke-70 pada hari Sabtu, (9/4). Pada acara nanti rencananya akan ada ratusan penerjun payung dari Paskhas TNI AU yang akan bermanuver di udara dengan mengibarkan bendera TNI AU tersebut. (arn)