BJ Online JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK), meresmikan pembukaan ajang Indonesia International Motor Show/ IIMS 2016. Wapres JK mengatakan, ajang pameran ini bisa memberikan inovasi di bidang industri otomotif salah satunya mobil listrik. “Mudah-mudahan IIMS ini memberi aspirasi atas inovasi, bagaimana perkembangan ke depan tentang industri mobil,” ujarnya di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Kamis (7/4).

Industri otomotif, menurutnya berada dalam dilema antara kendaraan bahan bakar energi terbarukan (listrik, dll) atau tetap gunakan energi fosil (BBM). Jalan tengah dari dilema tersebut salah satunya mobil listrik.

“Selain itu costumer juga punya pilihan-pilihan lain, seperti teknologi dan servis. Karena hal itulah yang menentukan maju dan tidaknya industri masa depan. Mobil listrik di Amerika Serikat dalam beberapa bulan nilai ordernya sudah mencapai 80 miliar dolar,” ujar JK.

JK menjelaskan, tinggi atau rendahnya hasil penjualan mobil dipengaruhi tiga hal. Jumlah penduduk, laju perekonomian, jumlah jalan.

“Jumlah penduduk, lalu pertumbuhan ekonomi, selain itu, panjang jalan. Penduduk kita (Indonesia) lebih tinggi daripada Thailand, tetapi di sana jalan lebih panjang,” ujarnya. Penjualan mobil sangat dipengaruhi oleh kemampuan pemerintah untuk membangun dan menambah infrastruktur jalan di Indonesia. (arn)

BAGIKAN