PARU-PARU merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital untuk kehidupan manusia. Fungsi paru-paru yaitu untuk mengelola oksigen di dalam tubuh. 

Paru-paru akan mengumpulkan oksigen yang dihirup setelah itu menyalurkannya ke semua tubuh dengan bantuan aliran darah.

Mengingat fungsinya yang sangat vital, maka menjaga kesehatan paru-paru adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. 

Meskipun Anda tidak merokok, bukan berati paru-paru Anda sehat. Banyak hal yang bisa menyebabkan gejala penyakit paru-paru.

Lantas apa yang harus dilakukan agar paru-paru sehat? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1.    Olahraga Secara Teratur

Menjaga kesehatan paru-paru bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Ketika berolahraga, paru-paru akan bekerja lebih keras. Hal tersebut menjadi latihan yang baik untuk paru-paru sebab bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menampung oksigen.

2.    Hindari Lingkungan dengan Udara yang Kotor

Hindarilah berada di lingkungan dengan kualitas udara yang tidak baik seperti berasap, berdebu, serta mengandung gas berbahaya. Apabila paru-paru menghirup udara dengan kualitas udara yang tidak baik maka bisa mengakibatkan penyakit paru-paru. Jika memang diharuskan berada di lingkungan dengan kualitas udara seperti tersebut, misalnya bekerja, maka gunakanlah masker. 

3.    Jangan Merokok

Tentu kita semua sudah mengetahuibahaya merokok. Tidak merokok merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru. Di dalam rokok, terkandung bahan berbahaya untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak merokok, hindarilah seseorang yang sedang merokok. Jangan sampai asap rokok tersebut terhirup oleh Anda. Solusinya, gunakanlah masker. Harga masker sendiri sangat terjangkau. Kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Dengan harga tersebut, paru-paru Anda akan terlindungi. Sekedar informasi, untuk membeli masker kunjungi ralali.com. Ralali.com jual masker gas dan aneka masker dengan harga terjangkau namun berkualitas dengan beragam pilihan jenis dan merek terlengkap dan ternama.

4.    Cukupi Kebutuhan Gizi

Cukupilah kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi  makanan 4 sehat 5 sempurna. Konsumsilah vitamin dan juga antioksidan, sebab sangat berguna dalam mendetoksifikasi tubuh serta menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, termasuk kanker paru-paru.

5.    Ciptakan Udara Ruangan yang Berkualitas

Udara dengan kualitas baik tidak terpaku terhadap ada atau tidaknya polutan. Udara yang terlalu pengap atau lembab pun tidak baik untuk kesehatan. Solusinya gunakanlah air purifier. Alat tersebut bisa menjadikan udara di dalam ruangan lebih segar dan sehat.

6.    Gunakan Produk yang Aman bagi Paru-Paru

Untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat, hindarilah dalam menggunakan produk kebutuhan rumah tangga yang berbau tajam misalnya produk pembersih. Pada produk tersebut terdapat gas berbahaya yang bisa merusak paru-paru apabila terhirup.

7.    Periksa Kesehatan Secara Berkala

Gangguan kesehatan paru-paru kerap kali tidak kita sadari atau tidak terdeteksi sejak dini, dan baru didiagnosis ketika sudah terlalu parah. Periksalah kesehatan paru-paru Anda secara rutin. Dengan memeriksanya secara rutin, kita bisa mengetahui perkembangan paru-paru kita, jika terdapat gangguan maka bisa langsung diatasi supaya tidak semakin parah. (ant)