Conte Hadapi Tugas Rumit di Chelsea

113

BJ Online LONDON  – Pria Italia Antonio Conte menghadapi tugas rumit ketika ia mengambil alih posisi manajer Chelsea pada musim depan, kata manajer sementara Guus Hiddink pada Jumat waktu setempat. Mantan pelatih Juventus tersebut ditunjuk sebagai suksesor Hiddink pada Senin dan akan memulai era baru di Stamford Bridge setelah memimpin Italia di Piala Eropa di Prancis pada Juni.

Bagaimanapun, dengan ruang ganti yang kekurangan sosok-sosok berkepribadian kuat pada satu dekade terakhir, Hiddink meyakini hal itu memerlukan waktu.

“Hal itu merupakan kerumitan ekstra,” kata pria Belanda itu pada konferensi pers menjelang pertandingan tim peringkat kesepuluh Chelsea di markas Swansea City pada Sabtu.

“Ketika saya tiba di sini untuk pertama kalinya pada 2009 adalah tim memiliki keteguhan terkait sosok-sosok berkepribadian. Para pemain mengetahui budaya sepak bola Inggris dan klub memiliki sosok seperti (Frank) Lampard, (John) Terry, kini sedikit berbeda dan itu tidak akan mudah.”

Hiddink mengambil alih tim dengan basis sementara dari Luiz Felipe Scolari tujuh tahun silam, dan dengan pemain-pemain seperti Lampard, Terry, Didier Drogba, Petr Cech, dan Ashley Cole yang menghiasi timnya, ia membantu mereka meraih peringkat ketiga di liga dan menjuarai Piala FA.

Hanya Terry yang masih ada dalam jajaran bintang tersebut, namun Hiddink tidak ragu bahwa Conte akan mengubah peruntungan Chelsea, bahkan meski ia dicecar banyak pertanyaan pada Jumat.

“Menurut saya kami memiliki pertandingan besok, namun baiklah mari memulainya dengan subyek itu,” kata Hiddink, yang belum pernah kalah di liga sejak menggantikan Jose Mourinho pada Desember.

“Ketika Anda melihat rekornya, ia memiliki masa-masa yang bagus di Juventus di mana ia memenangi gelar. Itu selalu bagus karena klub ini selalu berniat untuk bermain demi gelar-gelar.”

“Itu merupakan pekerjaan besar terlepas dari situasi yang dialami Chelsea tahun ini. Ia bersenjata lengkap, mampu dan menggunakan tekanan yang selalu ada di klub-klub besar untuk memenangi gelar-gelar.”

Hiddink mengatakan ia bertemu dengan Conte ketika pria Italia itu diperkenalkan kepada skuad pada Senin, namun menolak untuk membocorkan apa yang ia bicarakan dengan pelatih 46 tahun itu.

“Jika saya memiliki sesuatu untuk dikatakan… Saya akan melakukannya langsung,” ucapnya.

Chelsea melawat ke Swansea tanpa kapten Terry, Eden Hazard, dan Nemanja Matic yang cedera, sedangkan penyerang Diego Costa masih diskors.

“Kami memiliki beberapa pemain yang cedera, maka kmi akan memasukkan sejumlah pemain muda,” tutur Hiddink. (ant)