Barcelona kembali Kalah di Markas Sociedad

123

BJ Online BARCELONA – Kutukan bagi pemuncak klasemen Barcelona di Stadion Anoeta kembali menghantam mereka, ketika tim Katalan itu kalah 0-1 di markas Real Sociedad pada Sabtu, kekalahan beruntun kedua mereka di Liga Spanyol. Di tempat lain, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mengukir 30 gol Liga Spanyol dalam enam musim beruntun, ketika ia menginspirasi Real Madrid untuk menghancurkan Eibar dengan skor 4-0, sedangkan Fernando Torres kembali mencetak gol saat Atletico Madrid menang 3-1 atas tuan rumah Espanyol.

Pemain sayap Mikel Oiarzabal menanduk bola untuk menjadi gol semata wayang Sociedad pada menit kelima. “Pertandingan dimulai dengan cara terburuk,” kata pelatih Barca Luis Enrique. “Kami bermain benar-benar buruk pada babak pertama.”

“Kami tidak layak untuk kalah namun kami masih tetap merupakan pemimpin (klasemen). Sekarang kami harus membangkitkan diri kami sendiri setelah meninggalkan stadion hebat ini, di mana kami tidak pernah tampil baik.”

Barca, yang tidak diperkuat pencetak gol terbanyak Luis Suarez karena sedang menjalani skors, memainkan tim yang banyak berubah dan hanya mampu melepaskan lima tembakan ke gawang selama permainan. Pasukan Luis Enrique mengoleksi 76 angka dengan enam pertandingan tersisa, unggul satu angka atas Atletico dan empat angka atas Real Madrid.

Setelah tak terkalahkan di semua kompetisi selama enam bulan, Barca menindak lanjuti kekalahan 1-2 dari Real Madrid pada pekan lalu dengan tergelincir untuk kedua kalinya.     Sang juara Eropa tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan liga, torehan terpanjang mereka sejak Luis Enrique mengambil alih komando tim pada 2014.

Sang pelatih melakukan empat perubahan terhadap tim yang kalah dari Real Madrid, memasukkan kembali gelandang Rafinha setelah absen enam bulan karena cedera dan tidak memainkan Andres Iniesta, Jordi Alba, dan Ivan Rakitic. Barca menelan kekalahan kelima mereka dalam enam lawatan ke markas Sociedad, setelah pemain 18 tahun Oiarabal menyambar umpan silang dari Xabi Prieto.

Tim tamu kesulitan untuk membalas dan kiper tuan rumah Geronimo Rulli tampil cemerlang untuk menggagalkan dua peluang milik Lionel Messi, pemain pengganti Iniesta, dan Arda Turan.     Ronaldo mencetak gol untuk Real Madrid pada menit ke-19 dan juga memberikan operan bagi Lucas Vazquez dan Jese untuk membukukan gol ketika tuan rumah memimpin 4-0 saat turun minum atas Eibar. James Rodriguez membuka keunggulan Real pada menit kelima melalui tendangan bebas melengkungnya.

Pelatih Zinedine Zidane melakukan delapan perubahan terhadap tim yang menelan kekalahan mengejutkan 0-2 di markas VfL Wolfsburg di Liga Champions pada tengah pekan, dengan hanya mempertahankan Ronaldo, Pepe, dan Casemiro. Bek kanan asal brazil Danilo dicemooh oleh penggemar tuan rumah untuk penampilan buruknya di markas Wolfsburg ketika ia masuk lapangan pada babak kedua, namun ini merupakan petang yang positif bagi Real yang akan menjamu Wolfsburg pada pertandingan leg kedua perempat final pada Selasa.

Rodriguez dikritik karena kedapatan tertawa di pinggir lapangan di Jerman pada tengah pekan, namun pemain internasional Kolombia itu memenangi hati penonton pada fase awal pertandingan, melalui gol pertamanya dalam rentang waktu dua bulan. Secuil aksi apik dari Ronaldo membuat Vazquez dapat menyarangkan bola ke gawang yang kosong pada menit ke-18, sebelum sang pemecah rekor menyelesaikan peluang dari Jese semenit kemudian.

Ronaldo kemudian menjadi pengumpan bagi pemain 23 tahun itu pada menit ke-39 ketika Real mengubah skor menjadi 4-0. Upaya pencetak gol terbanyak Eibar Borja Baston menghantam mistar gawang pada serangan langka untuk tim tamu yang menghuni peringkat kesepuluh di klasemen.

Torres bangkit dari diusirnya dia keluar lapangan saat timnya kalah dari Barca di Liga Champions pada tengah pekan dengan mencetak gol ketiganya dari tiga pertandingan, membatalkan gol pembukaan papa Diop pada menit ke-29 untuk Espanyol. Pemain internasional Prancis Antoine Griezmann mengemas gol ke-20nya di liga musim ini untuk membawa tim tamu memimpin pada menit ke-58, dan gelandang Koke mengunci tiga angka untuk pasukan Diego Simeone dengan penyelesaian dari jarak dekat pada menit ke-89.

Simeone melakukan satu pergantian dari tim yang kalah 1-2 di Nou Camp, menggantikan Saul Niguez dengan Augusto Fernandez.  Upaya Torres mengenai mistar gawang padda fase awal pertandingan, namun gelandang Senegal Diop menanduk bola untuk membawa Espanyol memimpin dari tendangan sudut. Mantan penyerang Chelsea dan Liverpool itu menyamakan kedudukan dengan mengonversi operan dari Koke. Torres juga terlibat pada gol-gol lainnya yang dibukukan oleh Griezmann dan Koke. (ant)

BAGIKAN