Menpora Optimis Indonesia jadi Macan Asia

102

BJ Online JAKARTA – Menpora Imam Nahrawi optimistis sepak bola Indonesia akan menjadi Macan Asia dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu syaratnya, pemain usia muda yang ada saat ini harus terus dibina untuk dipersiapkan menjadi pemain timnas masa depan.

Pernyataan Menpora itu disampaikan saat membuka turnamen sepak bola U-11 dan U-13 Menpora Cup 2016 yang digelar Yayasan Gerakan Peduli Prestasi Sepakbola Indonesia (Grappsi) bekerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kemenpora di Stadion Sunter, Jakarta, Minggu (10/4).

“Sepak bola merupakan olahraga paling menonjol dan kebanggaan Indonesia. Bersama SSB, Insya Allah bisa mengembalikan kejayaan Indonesia menjadi macan Asia,” ujar Imam di Jakarta, kemarin.

Dalam acara tersebut turut hadir antara lain sejumlah mantan pemain nasional seperti Ricky Yacobi, Rully Nerre, Robby Darwis dan Anhar Nasution.

Tercatat turnamen tersebut diikuti 24 tim, masing-masing 12 tim untuk U-11 dan 12 tim untuk U-13. Total jumlah peserta mencapai 360 pemain. Aturan yang diterapkan pada ajang itu, untuk U-11 akan bertanding selama 2×15 menit, sedangkan U-13 selama 2×20 menit.

Imam berharap kepada para peserta bermain penuh sportivitas karena mereka akan menjadi bintang-bintang berkualitas di masa depan. “Saya yakin kalian semua adalah calon timnas di masa mendatang. Saya ingin ke depan setelah kalian masuk timnas, setiap dua tahun lewat SEA Games, Indonesia bisa meraih medali emas sepak bola. Mari bertanding dengan sportif dan fair play, dengan begitu akan lahir generasi yang hebat, bermartabat dan berkarakter,” terangnya.

Imam menjelaskan, pemerintah ingin hadir dan mengembalikan martabat Indonesia dalam sepak bola. “Akhir April, kami akan menggulirkan liga kembali sekaligus memastikan semua aturan main dalam liga bisa dilaksanakan dengan baik. Saya ingin pemain bisa menentukan sepak bola itu sendiri. Mereka bukan sekadar dimainkan, pemain bola harus menjadi industri dan kebanggaan,” tandasnya. (pts)

BAGIKAN