BJ Online TANGSEL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan dua penghargaan sekaligus yakni berupa sertifikat International Organization for Standardization (ISO)9001:2008 dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pada Kementerian Dalam Negeri dan Penghargaan 10 kabupaten/kota terbaik dalam menghadapi keluhan masyarakat, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2016.

“Dengan penghargaan ini telah mencapai standar kualitas dan memenuhi persyaratan mendapatkan sertifikat standar manajemen mutu,” ungkap Kepala Disdukcapil Tangsel, Toto Sudarto kemarin.

Lebih lanjut Toto mengatakan, ISO ini akan dijadikan barometer atau titik awal dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan. Walaupun tidak bisa dipungkiri banyaknya pengaduan terhadap pelayanan terkait administrasi dan kependudukan, namun Toto optimis dapat mengevaluasi kinerja khususnya bagian pelayanan agar lebih baik lagi.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fahrullah mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan KTP Elektronik, sehingga Kabupaten/kota tersebut berhasil mencapai target penerbitan KTP Elektronik dan seluruh penduduk wajib KTP yang sudah direkam, telah dicetak KTP elektroniknya.

“Tangsel merupakan kota/kabupaten yang masuk 10 besar, dalam menghadapi keluhan masyarakat terbaik mengenai masalah kependudukan,” katanya.

Prof Zudan menambahkan, kenapa dipilih 10 besar terbaik dalam menghadapi keluhan dari masyarakat, berdasarkan respon jawaban yang diberikan kepada masyarakat melalui Whatsapp kepala dinas kepada masyarakat yang bertanya.

“Berbagai informasi berkaitan dengan pelayanan, sosialisasi kegiatan, sampai penyampaian keluhan, masukan, dan penyelesaian masalah dapat disampaikan secara cepat dan terbuka,” pungkasnya. (nov)