BJ Online DEPOK – Pemerintah Kota Depok menganggarkan dana sekitar Rp4 miliar untuk pembangunan alun-alun Kota atau Taman Balaikota Depok. Dana itu dikucurkan dalam tiga tahun anggaran. Tahun lalu, sudah terpakai Rp900 juta, tahun ini Rp1,4 miliar dan sisanya pada tahun anggaran 2017.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti mengaku, keistimewaan dari alun-alun itu terletak di sebuah arena pertunjukan amfiteater seperti arena pertunjukan zaman Romawi. Panggungnya bukan terbuat dari konstruksi baja atau kayu, tapi berbentuk undakan permanen. Undakan itu ada beberapa buah, yang paling atas dibuat area terbuka berkonsep amfiteater atau arena pertunjukan. Sementara undakan-undakan lain di depan dan dibawahnya dijadikan tempat duduk penonton.

Posisi amfiteater seluas sekitar 150 meter persegi itu berada tepat di samping Masjid Balai Kota Depok yang berada di sisi utara. Sehingga, nantinya alun-alun multifungsi bisa di dipergunakan sebagai lahan upacara, kegiatan bazar atau pertunjukan.

“Misal untuk kegiatan yang memerlukan panggung, nanti undakan tersebut yang menjadi panggung dengan latar belakang masjid dan balaikota,” ujarnya, di Balaikota Depok, Senin (11/4).

Dengan konsep seperti itu, alun-alun Depok menjadi satu daya tarik lain bagi masyarakat yang berkunjung ke Balai Kota Depok dan menjawab kebutuhan akan hadirnya sebuah ruang publik yang representatif di Kota Depok “Intinya untuk kenyamanan warga serta menambah ruang terbuka hijau di Depok,” katanya.

Total lahan kawasan taman kota yang memiliki luas sekitar 1 hektar itu juga merupakan sebagian dari kantor Satpol PP yang dibongkar setelah kantor tersebut dibangun yang baru.

Selain bersebelahan dengan Masjid, taman juga tak jauh dari Perpustakaan Umum Kota Depok. Hal ini guna menumbuhkan minat baca warga sehingga pengunjung alun-alun selain bisa rekreasi keluarga sekaligus dapat mengunjungi perpustakaan, serta menjadi tempat berinteraksi antar sesama warga. “Diharapkan alun-alun bisa menjadi ikon baru Kota Depok,” harapnya. (jif)

BAGIKAN