BJ Online MATARAM – Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya memperbanyak koperasi berkelas dunia yang memiliki daya saing kuat dan mampu memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan anggotanya. “Tentu kami terus berupaya memperbanyak jumlah koperasi yang mampu berkiprah di tingkat dunia,” kata Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (12/4).

Hal itu dikatakan usai membuka kegiatan bimbingan teknis pusat distribusi dan sarana pemasaran serta standardisasi dan sertifikasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang diikuti 200 peserta dari unsur pengurus koperasi dan pedagang kaki lima (PKL) di NTB. Dipta menyebutkan, saat ini ada dua koperasi yang sudah mampu berkiprah di tingkat dunia, yakni Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel).

Koperasi karyawan PT Telkomsel tersebut berada di urutan 123 dunia karena mampu mencapai omzet senilai Rp4,13 triliun dengan pendapatan per kapita sebesar 10 ribu dolar Amerika Serikat (USD). Koperasi tingkat dunia lainnya adalah Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG), karena mampu menghimpun omzet senilai Rp3,3 triliun.

Koperasi milik PT Semen Indonesia (Persero) itu berada pada ranking  233 terbesar dunia pada ajang ICA Global 300 yang digelar pada 2011. “Sekarang kami fokus mengangkat dua koperasi lagi ke tingkat dunia, yakni UGT Sidogiri yang membentuk koperasi serba usaha dan Kospin Pekalongan,” katanya.

Untuk membangun koperasi yang mampu berkiprah dan bersaing di tingkat dunia, dibutuhkan sikap ikhlas dari seluruh pengurus dan anggota untuk membangun koperasinya. Selain itu, pengurus dan anggota tak hanya dituntut untuk mampu kreatif dan inovatif, tapi juga harus memiliki jiwa untuk selalu produktif.

“Untuk memenangkan persaingan, apalagi sekarang sudah berlaku Masyarakat Ekonomi ASEAN, tidak bisa hanya andalkan kreatif, tapi harus produktif. Percuma kreatif kalau hanya hasilkan satu biji produk, mana bisa dapat pendapatan,” katanya.  Pemerintah, juga akan terus memberikan dukungan kepada pelaku koperasi dan UMKM yang benar-benar memiliki komitmen untuk maju dan berani tampil bersaing hingga tingkat dunia. (ant)

BAGIKAN