BJ Online ISLAMABAD – Enam polisi tewas selama bentrokan dengan gerilyawan di Kabupaten Rajanpur di Pakistan Timur pada Rabu siang, demikian laporan media berbahasa Urdu setempat. Samaa News menyatakan setelah baku-tembak antara gerilyawan dan polisi, gerilyawan juga menyandera 15 polisi di Daerah Kacha Jamal di Rajanpur, kabupaten yang berada di Provinsi Punjab Timur di negeri itu.

Sebanyak 1.600 personel Departemen Kontra-Terorisme, Ranger, dan militer serta Polisi Punjab melancarkan operasi terhadap Chotu Gang pada 2 April, kata Inspektur Jenderal Polisi Punjab.  Selama operasi tersebut, pasukan keamanan membersihkan 70 persen daerah itu, yang sebelumnya diumumkan sebagai zona larangan pergi karena banyaknya gerilyawan, dan mendirikan lebih dari 50 pos pemeriksaan.

Pada hari ke-11 operasi tersebut Rabu, pasukan keamanan menyerbu daerah aliran sungai sepanjang 10 kilometer, yang dipandang sebagai pusat kegiatan Chotu Gang, kata Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam. Selama operasi itu, enam polisi cedera dan beberapa polisi lagi cedera.

Pemerintah Punjab juga memerintahkan warga desa agar meninggalkan daerah tersebut dan pergi ke tempat yang lebih aman serta memberi izin bagi serangan udara terhadap tempat persembunyian gerilyawan. Kelompok itu, yang aktif sejak 1987, merupakan kumpulan gerilyawan garis keras, perampok, penculik dan penjahat jalanan, yang didukung oleh organisasi terlarang dan anasir anti-negara. Polisi menyatakan sejauh ini pasukan keamanan telah menangkap lebih dari 150 anggota dan fasilitator kelompok tersebut sejak dimulainya operasi. (ant)

BAGIKAN