Zidane : Real Menang dengan Karakter

117

BJ Online MADRID – Trigol kelima Cristiano Ronaldo di Liga Champions menginspirasi Real Madrid untuk bangkit dengan kemenangan 3-0 atas VfL Wolfsburg pada Selasa, yang mengunci tempat di semifinal untuk musim keenam secara beruntun. Penyerang tajam asal Portugal itu membuat tim yang telah sepuluh kali menjadi juara Eropa, yang tertinggal 0-2 dari leg pertama, mendapatkan start sempurna dengan menyambar umpan silang Daniel Carvajal pada menit ke-16 dan menanduk gol kedua kurang dari semenit kemudian dari tendangan sudut Toni Kroos.

Ronaldo menutup kemenangan agregat 3-2 ketika ia melepaskan tendangan bebas melengkung pada menit ke-77, gol ke-16nya pada kompetisi musim ini yang membawa dirinya mendekati rekornya sendiri dengan 17 gol pada musim 2013/2014. Ia juga menyamai rekor rivalnya di Barcelona Lionel Messi, yakni lima trigol di Liga Champions ketika ia kini telah mencetak 46 gol di semua kompetisi.

“Ini merupakan hari untuk dirayakan,” kata pelatih Real Zinedine Zidane. “Kami menang dengan karakter, pertarungan, dan usaha, dan saya sangat bangga terhadap para pemain.”

“Sensasinya adalah pekerjaan yang dilakukan dengan baik karena ini tidak mudah. Ini merupakan malam istimewa… Saya sangat gembira dengan para pemain karena mereka melakukan pekerjaan yang fenomenal.”

Satu-satunya perubahan yang dilakukan Zidane dari leg pertama adalah menggantikan Danilo yang banyak dikritik di sektor bek kanan dengan Carvajal. Pelatih lawan Dieter Hecking mempertahankan tim inti yang sama, yang tampil begitu baik di Wolfsburg Arena.

Real memiliki reputasi untuk melakukan perlawanan-perlawanan balik yang hebat di Eropa namun mereka tidak pernah mampu membalikkan defisit leg pertama di Liga Champions sejak 2002 ketika Zidane, sebagai pemain, membantu mereka mengalahkan Bayern Munich dengan skor 2-0 di Bernabeu setelah kalah 1-2 pada leg pertama.

Niat tim tuan rumah begitu jelas ketika bek Sergio Ramos menanduk bola yang mengenai mistar gawang pada fase awal pertandingan, dan mereka segera mulai menekan pertahanan lawan. Carvajal berupaya membayar keputusan Zidane ketika ia menaklukkan Julian Draxler dalam duel bola di lini tengah, sebelum berperan dalam gol pembukaan Ronaldo.

Wolsburg berusaha bangkit dan mereka menyia-nyiakan beberapa peluang untuk mengukir gol. Ronaldo, pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan Liga Spanyol musim ini, memiliki ide-ide yang berbeda dan ia membuat publik Santiago Bernabeu mengila dengan mencetak dua gol tambahan. “Ini merupakan malam yang fantastis,” kata bek Real Marcelo. “Para penggemar begitu fenomenal dan tanpa mereka kami tidak akan mampu membalikkan situasi.” (ant)

BAGIKAN