Bappenas yakin Holding BUMN Cepat Terealisasi

128

BJ ONLine JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meyakini rencana pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan cepat terealisasi.    Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, pada masa yang lalu rencana holding BUMN banyak terhambat proses politik di dalam negeri. “Kali ini dukungan dari pemerintah dari presiden sangat kuat. Yang rencana itu tidak akan tinggal rencana tapi akan terealisasi,” ujar Sofyan saat ditemui usai membuka sebuah seminar di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong BUMN  sejenis untuk membentuk holding guna meningkatkan efisiensi pada setiap aksi korporasi. Pemerintah sendiri menyiapkan rangkaian holding BUMN yang akan dibentuk hingga 2019 tersebut antara lain, BUMN pariwisata, logistik, pangan, perkebunan, pupuk, farmasi, pelabuhan, konstruksi dan infrastruktur, konektivitas, tambang, pertahanan strategis, reasuransi, industri berat, asuransi umum serta perbankan dan jasa survei.

Untuk tahun ini, pemerintah menargetkan pembentukan enam holding BUMN, yaitu sektor infrastruktur, pertambangan, ketahanan energi, perbankan, jalan tol, dan energi terbarukan. Sofyan menuturkan, realisasi holding BUMN tersebut diperkirakan akan rampung pada pertengahan tahun ini.

“Mudah-mudahan kalau Bu Rini (Menteri BUMN) kemukakan sebelum lebaran jadi itu (holding BUMN),” ujar Sofyan. (ant)

BAGIKAN