Bayern Berkepala Dingin untuk Taklukkan Benfica

96

BJ Online LISBONĀ – Bayern Munich mendapat penghargaan untuk menjaga kepala mereka tetap dingin saat bermain imbang 2-2 dengan Banfica pada Kamis dini hari, yang mengirim mereka ke semifinal Liga Champions bahkan ketika pertandingan itu terlihat akan menguntungkan tim asal Portugal. Tim Bavaria, yang mengejar treble, tertinggal satu gol pada pertengahan babak pertama meski mengendalikan permainan dan menggenggam 70 persen penguasaan bola di fase itu.

“Terdapat beberapa kejadian di masa lalu ketika kami kehilangan ketenangan setelah kemasukan gol,” kata Thomas Mueller, yang mencetak gol kedua Bayern pada awal babak kedua.

“Namun hal itu tidak terjadi pada malam ini. Kami tetap tenang danĀ  mengendalikan jalannya pertandingan.”

Bayern akan menghadapi Real Madrid, Atletico Madrid, atau Manchester City dalam partisipasi kelimanya secara beruntun di semifinal kompetisi klub elit Eropa ini. Bayern memenangi leg pertama melawan Benfica di Munich dengan skor 1-0 dan menuju pertandingan ini sebagai tim favorit.

Namun mereka justru terlihat nyaris kehilangan kendali setelah pemain Benfica Raul Jimenez membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-27 untuk menyamakan skor agregat. Pemain Meksiko itu nyaris membukukan gol kedua, ketika Bayern mengejutkan 60.000 penggemar pada suasana kegembiraan.

“Kami memiliki peluang untuk mengubahnya menjadi 2-0, namun sepak bola memang seperti ini,” tutur Jimenez. Kami mampu menyamakan kedudukan (agregat) dan kami senang dengan hal apa yang telah kami capai, karena kami memperlihatkan bahwa kami dapat bersaing dengan tim manapun.”

Tim Jerman itu, yang mengincar mahkota Eropa keenamnya, meningkatkan tekanan dan gol-gol dari Arturo Vidal dan Mueller membawa mereka berbalik memimpin. “Orang-orang tidak tahu betapa sulitnya Liga Champions,” kata pelatih Bayern Pep Guardiola, yang berharap dapat memenangi gelar dengan tim Jerman itu pada musim terakhirnya sebelum bergabung dengan Manchester City.

“Kami bermain dengan kepribadian yang besar. Kami tetap tenang dan menjaga kepala tetap dingin bahkan meski telah tertinggal satu gol. Kami bermain sangat baik.

“Semua tim di fase ini sangat, sangat bagus. Namun mencapai semi final untuk kelima kalinya secara beruntun merupakan sesuatu yang besar.”

Bayern juga memuncaki klasemen Liga Jerman, unggul tujuh angka dengan lima pertandingan tersisa dan masih berkompetisi di Piala Jerman. Bagaimanapun, Mueller memperingatkan pertandingan-pertandingan terbesar masih akan terus dijalani. (ant)