Bryant Akhiri Karir NBAnya dengan Mengukir 60 Angka

123

BJ Online LOS ANGELES РBeberapa saat sebelum memulai pertandingan terakhir dari 20 tahun karir gemerlapnya di NBA, Kobe Bryant disebut sebagai sosok terhebat yang pernah mengenakan seragam ungu dan emas oleh sesama sosok hebat di Los Angeles Lakers Magic Johnson.  Bryant, guard yang telah 18 kali mengikuti All Star, membantu timnya meraih kemenangan 101-96 atas Utah Jazz pada pertandingan perpisahannya ini. Ia mendapat penghormatan berupa rekaman video sebelum Johnson berjalan menuju tengah lapangan.

“Kita berada di sini untuk merayakan kehebatan,” kata Johnson, yang seperti Bryant merupakan juara NBA sebanyak lima kali, kepada para penonton. “Selama 20 tahun, keunggulan. Selama 20 tahun, Kobe Bryant tidak pernah mencurangi permainan, ia tidak pernah mencurangi kami sebagai para penggemar.”

“Ia bermain meski dibekap cedera, ia bermain meski kesakitan, dan kami memiliki lima spanduk kejuaraan untuk memperlihatkan hal itu.”

Arena tempat pertandingan berlangsung kemudian bergemuruh ketika para penggemar Lakers memberi sambutan kepada Bryant. “Selama 20 tahun terakhir, pria ini telah menjadi pesohor terbesar dan terhebat yang kami miliki di kota ini,” kata Johnson. “Ia bukan hanya ikon olahraga yang hebat dan tidak dapat dipercaya, namun ia juga merupakan sosok terhebat untuk mengenakan (seragam) ungu dan kuning.”

“Maka saat ini kita semestinya bersama-sama mendoakan almarhum (mantan pemilik Lakers) Jerry Buss yang telah menghadirkan pria ini.”

Bryant mengakhiri pertandingan Rabu dengan 60 angka dari 22 keberhasilan dari 50 tembakan, ketika Lakers bangkit dari defisit 15 angka saat pergantian babak dan kembali disambut dengan meriah oleh para penggemar sebelum ia membalasnya kepada mereka semua dari tengah lapangan.

“Kawan, saya tidak dapat percaya betapa cepatnya 20 tahun berlalu,” ucapnya, dengan handuk melingkari bahunya. “Ini gila, benar-benar gila untuk berdiri di sini di lapangan yang sama dengan Anda, dengan rekan-rekan setim saya di belakang saya.”

Saat ditanyai pada konferensi pers pasca pertandingan mengenai apa yang ia rasakan dengan Johnson melabelinya sebagai pemain terhebat Lakers yang pernah ada, Bryant menjawab, “Saya menolak untuk mempercayainya karena Magic merupakan pahlawan saya… dan demikian adanya, dan akan selalu seperti itu, nomor satu bagi saya.”

Sebelum pertandingan, video penghargaan lain untuk Bryant dimainkan melalui Jumbotron yang digantungkan di langit-langit di Staples Center, yang berakhir dengan kalimat “Selamat untuk 20 tahun dalam Ungu dan Emas” tercantum di layar. “Anda telah menjadi inspirasi bagi kami semua dan LA mencintai Anda,” kata Nicholson.

Pada saat itu, yel-yel berbunyi “Kobe, Kobe, Kobe” disuarakan para penggemar ketika Johnson berjalan untuk menyambut Bryant dan menyampaikan beberapa hal secara pribadi.

Guard Lakers berusia 37 tahun itu telah mengokohkan tempatnya di antara para pemain terhebat NBA, dengan karir yang juga mencakup gelar-gelar dalam perolehan angka, perolehan angka terbanyak peringkat ketiga sepanjang sejarah liga dan pemain terbaik liga (MVP) pada 2008.

Meski Lakers yang dicintainya terpuruk pada musim ini dengan rekor memaslukan 17-65, rekor terburuk bagi klub yang telah memenangi 16 kejuaraan NBA, perpisahannya di liga memicu ketertarikan besar di box office untuk pertandingan Rabu. Menurut Stubhub, yang dimiliki eBay dan merupakan situs penjualan tiket terbesar di AS, tiket termahal yang dijual untuk pertandingan Rabu mencapai 27.500 dolar. (ant)