BJ Online DEPOK – Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, mengklaim tengah menggenjot program One Hour and One Day Service di seluruh Kelurahan di Kota Depok. Selain membuka pelayanan pembuatan Elektronik-KTP (E-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) hingga pukul 22:00 wib, kini pelayanan serupa juga dapat dilakukan pada Sabtu.

Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Depok, Jaka Susanta mengatakan, Selain melanjutkan program One Hour and One Day Service, Kegiatan juga dalam rangka program 100 hari Walikota dan Wakil Walikota Depok 2016-2021.

“Kami terus genjot kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh kelurahan se-Kota Depok, setiap Sabtu tanggal 9, 16, 23, dan 30 April 2016,” ujar Jaka Susanta, kemarin, di Balaikota Depok, Kamis (14/4).

Lebih lanjut, pihaknya memilih hari Sabtu agar pelayanan dapat terlaksana dengan cepat. Menurut data yang dimiliki Disdukcapil, di Kecamatan Cilodong pembuatan KTP sebanyak 111 orang dan KIA sebanyak 486 orang, Kecamatan Tapos pembuatan KTP sekitar 113 orang dan KIA ada 386 orang, Kecamatan Sukmajaya pembuatan KTP ada 110 orang dan KIA ada 131 orang dan Kecamatan Limo pembuatan KTP ada 50 orang dan KIA ada 164 orang.

“Untuk Kecamatan yang belum disebut, masih dalam pendataan. Sedangkan antusiasnya variatif, ada yang berduyun-duyun melakukan pelayanan, ada juga yang sepi. Namun, bila ada yang sepi bukan berarti peminatnya kurang. Tapi lebih kepada pelayanan reguler sehari-harinya,” tambahnya.

Jaka menambahkan, jika tak ada gangguan, maka pengurusan administrasi tersebut dapat selesai cepat, artinya sehari jadi. “Ada beberapa kelurahan yang printer-nya macet danga bisa selesai di hari itu. Lalu, ada juga yang terkendala gangguan jaringan,” pungkasnya. (jif)

BAGIKAN