Kecerdasan Taktik Simeone Singkirkan Barca

232

BJ Online MADRID – Juara bertahan Barcelona tersingkir dari Liga Champions setelah ditaklukkan Atletico Madrid yang bermain dengan sangat terorganisir dan kemasukan dua gol dari Antoine Griezmann, saat mereka kalah 0-2 pada leg kedua perempat final pada Rabu, (Kamis dini hari). Griezmann menanduk masuk bola umpan silang Saul Niguez untuk membawa tim tuan rumah unggul pada menit ke-36, sebelum sang pemain Prancis itu kembali mencetak gol dari titik penalti dengan dua menit waktu tersisa, menyusul handball yang dilakukan Andres Iniesta.

Pasukan Diego Simeone mampu menahan lawannya yang memiliki skuad lebih bagus itu, dan kemenangan agregat 3-2 mereka mendepak Barca di fase perempat final untuk kedua kalinya dalam tiga musim. Hasil ini merupakan contoh jelas mengenai kecerdasan taktik pelatih Simeone, di mana timnya mampu membatasi pergerakan-pergerakan pemain Barcelona sehingga memiliki sedikit peluang.

Meski tim tamu mengembangkan permainan pada babak kedua, mereka kesulitan menciptakan peluang-peluang bersih. Peluang terbaik mereka dimiliki Luis Suarez, pencetak kedua gol saat mereka menang 2-1 pada leg pertama, namun pemain Uruguay itu hanya mampu melepaskan eksekusi bola lurus ke arah Jan Oblak.

Barcelona, yang berupaya menjadi tim pertama yang mempertahankan Piala Raja, kelihatannya telah kelelahan pada fase akhir musim ini, pada satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir. Pada pertandingan yang diwarnai dengan banyaknya jumlah pelanggaran serta insiden, Suarez beresiko diusir keluar lapangan karena menyikut Diego Godin, namun ia hanya diberi kartu kuning.

Barcelona juga hampir kehilangan Neymar yang mendapatkan kartu kuning karena menendang Juanfran, sedangkan Atletico, yang para pemainnya menghabiskan banyak waktu di babak kedua untuk memprotes wasit, hanya kaptennya Gabi yang diberi kartu kuning atas aksi tersebut. (ant)

BAGIKAN