BJ Online PARIS – Kegagalan keempat secara beruntun bagi Paris Saint Germain (PSG) untuk menembus semi final Liga Champions mengekspos batas-batas pelatih Laurent Blanc dan kembali menghantam ambisi penyerang Zlatan Ibrahimovic untuk pindah ke Liga Utama Inggris. Keputusan mantan pelatih timnas Prancis itu untuk memainkan kembali Serge Aurier dan pergantian taktik yang tak diperkirakan seperti senjata makan tuan pada leg kedua pertandingan melawan Manchester City, yang tidak perlu melakukan banyak hal untuk menang 1-0 sekaligus mengamankan kemenangan agregat 3-2.

PSG tak diperkuat lini tengah reguler mereka ketika Marco Verratti absen karena cedera, Blaise Matuidi terkena skors, dan Thiago Motta harus ditandu keluar lapangan pada babak pertama. Dengan bek tengah David Luiz terkena skors, Blanc, yang belakangan ini telah memperpanjang kontraknya sampai 2018, memilih memainkan formasi 3-5-2 ketimbang formasi 4-3-3 yang biasa ia gunakan.

Hal itu mengingatkan pada penampilan Prancis di perempat final Piala Eropa 2012 melawan Spanyol, di mana Blanc memainkan dua fullback di sisi yang sama dan mereka terpisah. “Kekalahan ini ada pada saya,” kata Blanc, yang tidak diragukan lagi juga akan menyesal telah memberikan kesempatan tampil sebagai pemain inti untuk pertama kalinya sejak Februari kepada Aurier. Pemain bertahan ini terlihat mengalami penurunan kecepatan dan kehilangan bola yang membuat City sempat mendapatkan penalti, meski Sergio Aguero gagal memaksimalkannya.

Bagaimanapun, jika Blanc meninggalkan lapangan dengan buruk, Ibrahimovic mungkin menderita lebih banyak kerusakan untuk reputasinya. Sang penyerang, yang pernah menyebut dirinya sempurna dan belakangan mengatakan PSG tak eksis sebelum Qatar Sport Investment mengambil alih pada 2011, gagal memasukkan penalti pada leg pertama dan seolah tak terlihat saat bermain di Stadion Etihad.

Sering bermain di posisi yang lebih dalam, ia hanya memberikan sedikit ancaman dan terlihat tak mampu menyombongkan diri ketika pemain yang mengemas 30 gol di Liga Prancis musim ini, hanya melepaskan dua tendangan bebas jarak jauh dan gol yang dianulir untuk memperlihatkan upaya-upayanya.

“Menyenangkan untuk bermain brilian pada awal musim, untuk memukau siapapun namun satu musim berjalan panjang dan pada akhirnya Anda harus tampil,” ucapnya.

Ia dilaporkan telah menggembar-gemborkan rencananya untuk bermain di Liga Utama Inggris dalam beberapa pekan terakhir, di mana Manchester United diyakini menjadi salah satu klub tujuannya. Namun dengan bukti penampilannya pada Selasa hanya akan ada sedikit klub yang tertarik untuk mempekerjakannya dengan gaji tinggi yang akan dimintanya. (ant)

BAGIKAN