Usai Temui Presiden, ISC Lancar

150

BJ Online JAKARTA – Pihak PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dan klub peserta Indonesia Soccer Championship (ISC) A akhirnya bisa tersenyum, dengan dipastikannya kompetisi mulai 29 April.

Berita bahagia ini didapat setelah Asosiasi Provinsi PSSI dan klub serta PT GTS bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta Pusat, 15 April lalu yang dihadiri 14 dari 34 asosiasi provinsi, hampir semua klub profesional (ISL) dan sisanya sekitar 40-an dari Divisi Utama. Sementara dari Pemerintah, Presiden didampingi Menpora, Kepala Staf Kepresidenan, Deputi IV Kemenpora Gatot Dewa Broto, dan Juru Bicara Kepresidenan Djohan Budi.

Gatot menjelaskan, kickoff ISC A nanti akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada laga perdana nanti antara Persipura Jayapura menjamu Persija Jakarta di Stadion Mandala Jayapura.

Selain kepastian kickoff, baik PT GTS maupun klub mendapatkan keringanan. Bahkan kelengkapan persyaratan klub dan PT GTS yang diminta Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tidak harus diselesaikan sebelum kickoff seperti kegiatan sebelumnya.

“Kickoff tetap 29 April. Nanti sebelum itu dimintakan melengkapi, jika kurang sambil jalan,” ungkap Gatot di Jakarta, Jum’at (15/4).

Seperti diketahui, dalam surat yang dikirim ke GTS beberapa pekan lalu, BOPI memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi PT GTS agar rekomendasi itu bisa diberikan. PT GTS dan para calon klub peserta harus lebih dulu berkoordinasi dengan Tim Transisi perihal regulasi-regulasi yang terkait dengan penyelenggaraan kompetisi sepak bola.

Kemudian beberapa informasi dan dokumen awal dari PT GTS mengenai legalitas, data yang lebih detail, dari perusahaan tersebut, klub, maupun pemain yang akan mengikuti ISC A. Termasuk di dalamnya kontrak pemain dengan klub. Sejauh ini PT GTS baru memberikan sebagian syarat yang diminta BOPi dan Tim Transisi. Yang masih nyantol dan butuh penyelesaian adalah kontrak pemain dan rekomendasi dari Tim Transisi.

Selain kepastian kickoff dan kompromi kelengkapan perayaratan administrasi kompetisi, klub juga mendapatkan oleh-oleh lainnya dari kunjungannya ke Istana Negara.

“Terhadap aspirasi sejumlah Asosiasi Provinsi PSSI, Klub, dan Divisi Utama yang mengapresiasi Presiden atas pertemuan tersebut dan bahkan ada yang mendorong segera diadakannya KLB (Kongres Luar Biasa), Presiden merespons dengan sikap bijak. Secara teknis belum bahas tapi karena permintaan mereka, agar mereka yang ngadain,” jelas Gatot. (pts)

BAGIKAN