BJ Online JAKARTA – Kemenpora bersama Kominfo merangkul lima operator telepon seluler lain untuk membantu penyelesaian dana Rio Haryanto yang berlaga di Formula One (F1) sampai akhir musim.

Nantinya program sms (pesan pendek elektronik-red) bagi pengguna telepon seluler, dengan tajuk ‘sms solidaritas R1O Haryanto untuk Merah Putih’ yang dikirim ke 7788 untuk semua operator dengan biaya Rp5.000.

Program ini berjalan mulai 17 April kemarin hingga tiga bulan ke depan atau sampai 17 Juli 2016 mendatang. Seluruh dana yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada manajemen Rio untuk kemudian diserahkan ke pihak Manor Racing Team (MRT) untuk menutupi kekurangan dana keikutsertaan Rio di ajang F1. Untuk balapan di F1, MRT meminta Rio bayar mahar 15 juta Euro atau setara dengan Rp225 miliar. Uang yang sudah dibayarkan baru 5,25 juta Euro. Kekurangan sekitar 10 juta Euro dan harus dilunasi akhir Mei.

“Saya bersyukur karena solusi ada di depan kita semua. Ini anugrah di saat detik-detik tertentu dipaksa berikan solusi. Alhamdulillah kini telah hadir yang akan bantu kita semua. Jujur anggaran kami terbatas, hanya 2,7 triliun tapi tuntutannya luar biasa, salah satunya kembalikan emas Olimpiade,” ujar Menpora Imam Nahrawi di Ruang Theater Kemenpora Senayan, Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, kebutuhan dana untuk Rio memang mendesak. MRT mewajibkan Rio melunasi mahar akhir Mei, jika tidak, maka Rio hanya balapan setengah musim dari 21 race di F1.

Upaya galang dana melalui Sms ini diharapkan bisa menjaga Merah Putih berkibar di pentas dunia sampai akhir musim. Penggalangan dana seperti ini dipastikan Menpora akan dilakukan untuk dukung atlet lainnya berjuang kibarkan Merah Putih di level internasional.

“Kami harapkan kampanye dilakukan operator di masyarkat kota sesuai area penikmat F1. Ini pintu masuk berbuat sesuatu untuk negara melalui Kemenpora,” ujar Menkominfo Rudiantara. (pts)

BAGIKAN