BJ Online JAKARTA¬†– Sebanyak tiga desainer muda terpilih mewakili Indonesia dalam ajang final utama AirAsia Runway Ready Designer Search (AARRDS) 2016 yang bakal digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Agustus mendatang. “Kami berharap ajang ini akan semakin mendorong potensi kewirausahaan para desainer muda ini yang pada akhirnya akan menggairahkan industri mode di ASEAN khususnya Indonesia,” kata Head of Sales and Distribution AirAsia Indonesia Adelheid Helena Bokau dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu (17/4).

Menurut Adelheid Helena, tak mudah bagi pihaknya untuk memilih tiga finalis dari ratusan pendaftar yang berpartisipasi guna menghadapi ajang tersebut. Setelah di Jakarta, audisi akan berlanjut di Manila, Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok yang masing-masing akan menyaring tiga perancang busana terbaik sebagai wakil masing-masing negara.

AARRDS yang merupakan ajang pencarian bakat baru di industri mode yang telah memasuki tahun kedua ini adalah bagian dari upaya AirAsia menyediakan wadah dan kesempatan khususnya perancang busana muda di ASEAN untuk mengembangkan karirnya di industri mode. Ketiga desainer muda yang terpilih itu adalah Sarah Devina Susanto dari Raffles Institute, Imme Kristiani dari LPTB Susan Budihardjo dan Hanifia Rahmadiani dari Raffles Institute.

Ketiganya telah melalui dua tahapan penjurian dan dipilih berdasarkan kreativitas dan orisinalitas rancangan, konsistensi dalam keseluruhan koleksi, kesesuaian dengan tema yang ditentukan, kepraktisan koleksi dan presentasi di hadapan dewan juri. Dewan juri untuk audisi di Jakarta terdiri dari pengamat dan praktisi industri mode, yaitu perancang busana Ghea Panggabean, pemimpin redaksi Elle Indonesia K. Nina Adelia, Founder of Kuala Lumpur Fashion Week Andrew Tan, pemilik situs fashion e-commerce Fashion Valet Vivy Yusof, serta Head of Sales and Distribution AirAsia Indonesia Adelheid Helena Bokau.

Bidang adibusana akhir-akhir ini juga sedang semarak di berbagai daerah di Tanah Air, seperti pameran busana muslim bertajuk “Indonesia Moeslem Fashion Expo” siap digelar di Hotel Clarion Makassar, Sulawesi Selatan, 28 April-1 Mei 2016. CEO Artpro Exhibiton selaku penyelenggara pameran itu, Andi Yulham di Makassar, Senin (4/4), mengatakan pameran ini akan lebih spesial dan menarik karena melibatkan hingga 120 stan dari berbagai kota besar di Indonesia di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya dan tentunya dari Kota Makassar sebagai tuan rumah.

Sementara di Palembang, pusat perbelanjaan atau mal di ibukota Sumatera Selatan mengandeng desainer untuk menggelar Palembang Fashion Week, 23-27 Maret 2016. Palembang Fashion Week 2016 mengangkat tema The Urban Invader dan bertujuan menjadikan kegiatan fashion ini terbesar di Sumsel.

Selain itu, pagelaran busana Jogja Fashion Week 2016 yang akan berlangsung di Jogja Expo Center 24-28 Agustus akan menampilkan keragaman motif batik dari berbagai daerah di Indonesia yang dipadukan dengan busana kontemporer. “Jogja Fashion Week pertama hingga kesepuluh kami mengangkat tema busana etik, kali ini kami akan hadirkan keragaman motif batik untuk mendorong batik lebih mendunia,” kata Ketua pelaksana Jogja Fashion Week 2016, Afif Syakur di Yogyakarta, Selasa (22/3). (ant)

BAGIKAN