Akun Facebook Walikota Depok Dimanipulasi

158

BJ Online DEPOK – Sosial media merupakan sarana yang baik untuk melakukan komunikasi antar pribadi maupun kelompok. Terlebih jika informasi yang diberikan memuat hal-hal positif. Namun, lain cerita jika akun pribadi telah dimanipulasi oleh orang tidak bertanggung jawab.

Walikota Depok Mohammad Idris misalnya, dirinya telah mengetahui bahwa ada akun lain yang mengatasnamakan dirinya. ”Ada media Facebook (FB) saya, istilahnya dimanipulasi,” ujarnya, saat ditemui di Balaikota, Senin (18/4).

Lebih lanjut, dirinya akan menyatakan di akun FB resmi miliknya, bahwa itu memang benar akun pribadi yang asli dan dia tidak punya akun lain. “Nanti saya nyatakan dari FB saya, bahwa yang resmi adalah yang ini dan akun yang lainnya itu, tidak ada hubungan dengan saya,” ucapnya.

Idris melanjutkan, meski belum ada yang mengkhawatirkan dari setiap informasi kegiatan dirinya yang dibagikan kepada pengguna FB, namun, jelas bahwa akun Walikota Depok palsu tersebut sudah menyalahi. Sebab, akun yang dimanipulasi tersebut tidak meminta izin dirinya, apalagi berkonsultasi terkait konten apa saja yang dapat dishare ke pengguna FB. “Dia sudah menyebarkan kegiatan-kegiatan saya yang tidak saya restui dan dia nggak konsultasi ke saya. Kan nggak bener itu,” tegasnya.

Pria kelahiran Jakarta itu mengungkapkan, dengan adanya akun palsu tersebut, banyak orang yang beranggapan bahwa Idris lah pemilik akun tersebut.

”Orang kesannya begitu, itu punya saya. Karena itu, kedepan, saat akan menshare informasi. Saya akan menetapkan kode khusus yang menandakan bahwa itu akun asli saya, setiap melakukan share ke FB,” pungkasnya. (jif)

BAGIKAN