Bali Apresiasi Upaya KBRI Warsawa Tarik Wisman

195

BJ Online JAKARTA – Bali memberikan penghargaan tinggi atas upaya KBRI Warsawa mempromosikan pariwisata Indonesia melalui kegiatan familiarization trip (fam trip) dengan membawa  14 operator tur dari lima negara dari Eropa Tengah dan Timur. Siaran pers KBRI Warsawa yang diterima Antara di Jakarta pada Senin menyebutkan, Putu Winastra, wakil ASITA-Bali mengatakan kegiatan itu diyakini akan dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Winastra membuka pertemuan bisnis antara para operator tur peserta fam trip dari Polandia, Austria, Ceko, Hungaria, dan  Slowakia yang didampingi  Minister Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Warsawa, Polandia, Roos D. Iskandar, dan mitra-mitranya dari Bali, di Benoa Bali, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Jawa Timur, H. Jarianto, dalam sambutan tertulisnya pada jamuan makan malam yang dihadiri oleh para peserta fam trip dan mitranya dari Jawa Timur, ASITA-Jatim, dan kalangan pemerintah daerah, di Surabaya, 10 April 2016, mengatakan pemilihan Jawa Timur sebagai destinasi wisman sudah tepat dan tidak berlebihan mengingat perkembangan sektor wisata di daerah ini berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Jarianto menunjukkan data terakhir mengenai peningkatan wisman ke Provinsi Jawa Timur, dengan menyebut sebanyak 521.933 wisman mengunjungi Jawa Timur pada tahun 2015, meningkat 12,68 persen dibanding tahun sebelumnya. “Adanya penerbangan internasional langsung ke Jawa Timur dan dibukanya terminal baru untuk penerbangan internasional diharapkan akan dapat semakin menarik wisman untuk  berkunjung ke Jawa Timur,” kata dia.

Bali dan Jawa Timur merupakan dua dari lima daerah wisata yang dikunjungi 14 operator tur dari lima negara tersebut sebagai bagian dari kegiatan fam trip yang dikoordinasi oleh KBRI Warsawa. Sebelumnya para operator tur mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, dan Labuan Bajo. Selain melihat secara langsung berbagai tempat wisata di daerah tersebut, mereka juga melakukan pertemuan bisnis dengan mita-mitra mitranya di berbagai daerah dan melakukan kunjungan langsung ke sejumlah hotel.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, KBRI Warsawa didukung oleh  Kementerian Pariwisata, Marintur, Citilink, Garuda Indonesia, dan ASITA. Kegiatan fam trip tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh KBRI Warsawa yang bekerja sama dengan Perwakilan RI di negara-negara di kawasan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KBRI Warsawa untuk mendukung target Pemerintah RI untuk menarik kunjungan wisman ke Indonesia  sejumlah 20 juta di tahun 2019.  (ant)

BAGIKAN