Barcelona Dipermalukan Valencia 1-2

95

BJ ONline BARCELONA – Barcelona menelan kekalahan 1-2 atas Valencia pada La Liga Spanyol pekan ke-33 di Stadion Nou Camp, Barcelona, Senin dini hari WIB.  Kendati kalah, Barcelona tetap di puncak klasemen La Liga dengan 76 poin namun memiliki poin yang sama dengan Atletico Madrid di tempat kedua. Adapun Valencia di posisi 12 dengan 40 poin.

Pada jalannya laga, Valencia unggul 1-0 berkat gol bunuh diri yang dilakukan Ivan Rakitic akibat salah mengantisipasi umpan silang bek kiri Valencia, Guilherme Siqueira, pada menit 26.

Valencia bahkan ungguli Barcelona 2-0 setelah Daniel Parejo mengirimkan umpan kepada Santi Mina yang terlepas dari kawalan Sergi Roberto pada menit 45. Skor 2-0 keunggulan Valencia menutup interval babak pertama.

Pada awal babak kedua Barcelona tetap mendominasi jalannya pertandingan dengan umpan-umpan pendek yang dilepaskan Iniesta kepada Suarez atau Neymar namun tidak mampu menembus ketatnya pertahanan Valencia.

Barcelona bisa memperkecil ketertinggalan lewat sontekan mendatar Lionel Messi dari depan gawang Los Che setelah bekerja sama “satu-dua” dengan Jordi Alba pada menit 63.  Itu merupakan gol ke-500 Messi sepanjang karirnya.

Pada 15 menit sebelum laga bubar, Barcelona semakin mengurung pertahanan Valencia. Iniesta dan Rakitic mencari celah untuk melepaskan umpan terobosan yang akan tertuju kepada Neymar, namun pertahanan Valencia masih sigap mencegahnya.

Kiper Los Che, Diego Alves, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan keras Ivan Rakitic pada menit 76.  Umpan panjang Busquet ke lini depan juga gagal dimanfaatkan Suarez yang tampil minim peluang pada laga ini.

Sebaliknya, Valencia nyaris menambah keunggulan lewat umpan Rodrigo kepada Paco Alcacer, sayang sepakan Alcacer tidak membuahkan gol.  Peluang emas Barcelona lainnya tercipta saat Gerard Pique menerima umpan menggunakan dada, kemudian melepaskan tembakan keras, namun arah bola menyamping tipis ke kanan Valencia pada menit 90.  Skor 2-1 untuk Valencia bertahan hingga laga selesai. (ant)

BAGIKAN