Tak Hanya Cibubur, Depok juga Inginkan LRT

700

BJ Online DEPOK – Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Jawa Barat Gandara Budiana menyatakan moda transportasi Light Rail Transit (LRT) yang sedang dibangun oleh Pemerintah Pusat sangat cocok untuk transportasi di kota yang berbatasan dengan DKI Jakarta tersebut.

“Untuk itu kami berharap agar LRT tersebut juga masuk ke Depok hingga ke Pondok Cina,” kata Gandara di Depok.

Pihaknya lanjut Gandara sudah menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah Pusat untuk meneruskan jalur LRT sampai ke Stasiun Pondok Cina.

Gandara mengatakan Januari lalu pihaknya sudah ke Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan LRT hingga ke pusat Kota Depok dan mendapatkan respon positif dari pemerintah pusat untuk mengembangkan LRT sampai ke Depok.

Pada rute LRT Jakarta hingga Bogor melintasi 2 kilometer melintas dari Cibubur sampai Cimanggis. Rute LRT Depok nantinya bisa dibangun sejajar dengan tol Cinere Jagorawi.

“Pondok Cina merupakan pusat Kota Depok yang ramai dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, dan juga Universitas Negeri maupun swasta, sehingga dibutuhkan moda transportasi massal,” katanya.

Dikatakannya mobilitas warga Depok sangat banyak dengan menggunakan KRL yaitu sebanyak 104 ribu warga atau 70 persen warga Depok pergi ke Jakarta setiap hari.

“Kami yakin warga Depok juga mengharapkan kehadiran LRT tersebut, karena akan memudahkan warga dalam menggunakan moda transportasi alternatif selain KRL,” katanya.

Menurut dia perkembangan penduduk Depok yang pesat serta pemilik kendaraan dari 850 ribu kendaraan pribadi baik roda empat dan dua maka perlu moda transportasi massal guna mengalihkan warga Depok untuk menggunakan transportasi umum. “Dengan adanya LRT diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Kota Depok,” katanya. (jif)

BAGIKAN