ASDP Tambah Loket Tiket Antisipasi Mudik Lebaran

535

BJ Online JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry menambah loket tiket untuk mengantisipasi lonjakan pembelian tiket pada musim mudik Lebaran 2016.  Direktur Utama ASDP Danang S Baskoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/4) mengatakan, penambahan loket terutama difokuskan pada Terminal Terpadu Merak (TTM), khususnya bagi penumpang pejalan kaki yang naik bus.

“Kami akan tingkatkan penjualan loket bagi pejalan kaki di TTM ini sebanyak 16 loket selain dari tujuh loket reguler di area pelabuhan Merak. Penambahan loket penting untuk mengantisipasi antrean panjang pengguna jasa menuju kapal,” ujarnya.

Adapun penambahan loket tiket, di antaranya sepeda motor dari 10 unit loket tahun lalu menjadi 16 loket 2016.  Sementara itu, lanjut Danang, untuk kendaraan kecil, jika kondisi normal beroperasi empat loket, tahun ini ditambah sembilan loket hingga total 13 unit loket yang akan beroperasi.

Untuk penumpang pejalan kaki, kata dia, total loket yang disediakan mencapai 23 unit, yakni tujuh tiket reguler di pelabuhan dan 16 loket akan ditempatkan di TTM. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan pihak Pemda setempat dalam memaksimalkan pengoperasian Terminal Terpadu Merak (TTM) khususnya bagi penumpang pejalan kaki yang naik bus,” katanya.

Selain pelaksanaan pola operasi kapal berukuran besar, tahun ini ASDP rencananya juga akan membuka lima loket di rest area tol Tangerang – Merak, khususnya di KM 43 dan KM 68 arah ke Merak.  “Kami ingin memecah antrean, agar tidak menumpuk di pelabuhan khususnya di waktu peak. Dengan tersedianya booth pembelian tiket di rest area, pengguna jasa lebih dimudahkan mendapatkan tiket. Sampai di pelabuhan, kami akan siapkan jalur khusus (fast track) untuk naik ke kapal,” katanya.

Danang memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan akan mengalami kenaikan 13 persen, dengan rincian truk sebanyak empat persen, sepeda motor lima persen, mobil kecil delapan persen, dan bus sebanyak lima persen.  Sementara itu, jumlah total penumpang diperkirakan mencapai lebih dari satu juta orang, sedangkan total jumlah kendaraan mencapai lebih dari 200 ribu unit kendaraan, yang akan diseberangkan tahun ini.

Berdasarkan data ASDP, jumlah trip kapal akan naik dua persen, dari 1.566 trip pada tahun lalu menjadi 1.597 trip tahun ini.  “Prediksi adanya lonjakan pengguna jasa ini harus kita antisipasi, mulai dari penambahan loket tiket, pola operasi kapal berukuran besar, hingga koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait demi lancarnya operasional angkutan penyeberangan,” kata Danang.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy L Kaunang mengatakan dengan prediksi hari H Lebaran pada tanggal 6 Juli 2016 (Rabu), maka diperkirakan akan terjadi lonjakan pada arus mudik Lebaran mulai dari 1-3 Juli khususnya saat akhir pekan.

Dia memperkirakan perjalanan atau trip saat puncak arus mudik bisa mencapai 112 trip, dengan jumlah penumpang bisa mencapai 90.000 orang per hari, 20.000 unit sepeda motor per hari, dan 12.900 mobil kecil, yang akan dilayani 47 unit kapal (11 unit kapal tengah docking) yang siap beroperasi dari total 58 unit kapal di lintasan Merak-Bakauheni.

Di sisi lain, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak Nana Supriyatna mengatakan, total aparat gabungan kepolisian yang akan dikerahkan dalam operasi ketupat 2016 di kawasan Merak mencapai 461 personel, yakni dari Satuan Brimob 100 personel, Aabhara 60 personel, raicet 20 personel, dan raimas 20 personel. Adapun dari Polres Cilegon sebanyak 261 personel juga akan dikerahkan. (ant)

BAGIKAN