Menteri PUPR Akui Tol JORR S Kumuh-Berlubang

187

BJ Online JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui Tol JORR S Pondok Indah arah Pasar Rebo, tepatnya KM 30, kondisinya kumuh dan berlubang. “Semalam waktu saya lewat tol itu kondisinya memang kumuh dan berlubang. Saya langsung telepon BPJT. Ini tol apa? Dijawab JORR S,”  katanya menjawab pers usai Konferensi Regional PUPR 2016 di Jakarta, Selasa (19/4).

Menteri menduga hal itu karena pada masa transisi PT Jasa Marga hanya mengoperasikan dan tidak melakukan pemeliharaan. “Transisi karena sejak keputusan Mahkamah Agung kemarin, tol itu sudah milik Hutama Karya,” katanya.

Karena itu, kata Basuki, dirinya sudah memerintahkan agar tol tersebut penanganannya segera diambilaih Hutama Karya. “Semuanya sudah dinolkan. Hasil operasi sebelumnya disetor ke negara. Sejak keputusan MA itu, sekarang tanggung jawab Hutama Karya,” katanya.

Keluhan terhadap kondisi tol itu dalam 2 bulan terakhir memang sudah banyak disampaikan masyarakat pemakai tol. “Tol JORR KM 30 di terowongan Pasar Rebo. Sudah dua bulanan. Macet luar biasa tiap malam,” kata pengguna tol Nugroho. (ant)