Pelindo siap Fasilitasi Bongkar Muat Energi Hijau

160

BJ Online SURABAYA – PT Pelindo III di bawah anak usahanya PT Pelindo Energi Logistik siap memfasilitasi bongkar muat energi hijau setelah kedatangan kapal jenis “Floating Storage Unit” (FSU) yang membawa Liquified Natural Gas ke Pelabuhan Benoa, Bali.

Manager Terminal PEL Suryawan, Selasa mengatakan Liquified Natural Gas (LNG) yang diangkut dengan Kapal Haiyang Shiyou 301 dari Bontang, Kalimantan Timur ke Bali itu bertujuan menyalurkan LNG yang selanjutnya diolah kembali menjadi gas (regasifikasi) ke fasilitas gas milik PT Indonesia Power unit Pesanggaran, Bali.

“Kami memastikan kesiapan proses penyaluran gas melalui koordinasi dengan semua pihak. Pengecekan alat dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar dapat berjalan lancar dan efisien,” ucap Suryawan, dalam keterangan persnya di Surabaya.

Suryawan mengatakan, penyaluran gas pertama akan dilakukan PEL pada Rabu (20/4), dan nantinya kapal jenis FSU sepanjang 184,7 meter itu akan tetap bertambat di dermaga selatan, kemudian terintegrasi dengan terminal untuk proses pembongkaran gas.

Sedangkan untuk memasok LNG, akan diangkut menggunakan kapal jenis carrier bernama Surya Satsuma untuk mensuplai pemakaian gas di fasilitas pembangkit listrik PT Indonesia Power. “Sebagai BUMN kepelabuhanan, kami terus berupaya mengembangkan integrasi pengangkutan gas alam untuk menjembatani semangat masyarakat Indonesia dalam menggunakan energi hijau yang ramah lingkungan,” katanya. (ant)