City Ditahan Imbang Newcastle

175

BJ Online NEWCASTLE – Manchester City memberi harapan baru dalam persaingan meraih tiket Liga Champions, ketika mereka bermain imbang 1-1 di markas tim yang terancam degradasi Newcastle United pada Selasa. City, yang membuka keunggulan ketika Sergio Aguero menanduk bola dari posisi offside untuk menjadi gol ke-100nya di Liga Utama Inggris pada menit ke-14, kerap disulitkan oleh Newcastle yang menyamakan kedudukan melalui Vurnon Anita pada menit ke-31.

City tetap menghuni peringkat ketiga di Liga Utama Inggris dengan 61 angka, namun hasil ini membuka pintu untuk persaingan bagi posisi finis di empat besar terhadap rivalnya Manchester United yang menghuni peringkat kelima, tertinggal lima angka dengan satu pertandingan yang belum dimainkan. Arsenal menghuni peringkat kelima dengan 60 angka.

Pasukan Rafa Benitez, yang gagal mendapat gol penentu kemenangan ketika Joe Hart secara brilian menggagalkan upaya Georginio Wijnaldum, tetap berada di peringkat kedua dari bawah dengan 29 angka, namun mereka memelihara momentum berharga setelah pada akhir pekan mendulang kemenangan atas Swansea City.

Dengan empat pertandingan tersisa di musim ini, mereka tertinggal satu angka dari rival lokalnya Sunderland dan dua angka dari Norwich City, yang berada di luar zona degradasi dengan menghuni peringkat ke-17.

City sangat diunggulkan pada pertandingan ini setelah meraih 12 kemenangan beruntun di Liga Utama Inggris atas Newcastle, sedangkan Aguero mengoleksi sepuluh gol dari delapan penampilannya melawan The Magpies. Karena itu, menjadi sedikit kejutan ketika tim tamu membuka gol pada menit ke-15, di mana tandukan sang pemain Argentina membawa mereka unggul dari tendangan bebas Aleksandar Kolarov, bahkan meski gol itu sebenarnya tidak sah.

Tayangan-tayangan ulang memperlihatkan bahwa Aguero berada dalam posisi offside, ketika sepakan Kolarov ditujukan ke kotak penalti, namun hakim garis tidak mengangkat bendera dan pemain City itu kemudian melakukan selebrasi.

Ini merupakan gol ke-100 Aguero di Liga Utama Inggris dari 147 penampilannya, membuatnya menjadi pemain tercepat yang mengukir pencapaian itu, hanya di bawah mantan penyerang Inggris Alan Shearer, yang mencapai 100 golnya dalam 124 pertandingan.

Newcastle mungkin merupakan tim yang lebih baik sampai satu titik dan mereka menyamakan kedudukan ketika Anita, yang bermain di sektor bek kanan, melepaskan tembakan lemah ke tiang jauh.

City, tidak pernah mampu mengungguli lawannya, yang terlihat kembali bersemangat setelah meraih kemenangan pada akhir pekan dan mendapat dukungan besar dari para penggemar tuan rumah yang meneriakkan nama manajer Benitez. Tim tamu memiliki peluang bagus untuk membawa mereka kembali unggul ketika Aguero melepaskan tembakan lurus tertuju kepada kiper Newcastle Karl Darlow, namun justru tuan rumah yang memiliki peluang terbaik pada babak kedua ketika sepakan Wijnaldum dapat ditepis oleh Hart. (ant)

BAGIKAN