BJ Online DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengaku tengah menggalakkan sterilisasi terhadap jalur sepeda dari angkutan umum yang sengaja ngetem. Hasilnya, beberapa angkot yang kerap membandel kena usir petugas di jalur tersebut.

“Kami tak bosan untuk melakukan sterilisasi jalur sepeda ini, angkot-angkot yang ngetem di jalur itu kami usir. Meskipun mereka terkadang bandel,” ujar Ari Siswanto, Kordinator Lapangan Dishub Kota Depok, Rabu (20/4).

Meskipun rambu sepeda sudah ada, namun Ari mengatakan, para sopir angkot kerap kali melanggar jalur itu. Terbukti, hampir setiap hari pihaknya melakukan penertiban.

Selain melakukan strelisasi jalur sepeda dari banyaknya angkot yang ngetem, ia juga melakukan penertiban mobil pribadi yang sengaja diparkir di bahu jalan.

“Kami tertibkan juga mereka dengan cara menggembok mobil tersebut. Dalam melakukan tindakan itu kami tentunya berkoordinasi dan bekerjasama dengan Satlantas Polresta Depok,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa penertiban jalur sepeda bukan semata-mata untuk memberikan ruang bagi pengguna sepeda saja. Akan tetapi, juga untuk menciptakan kondisi arus lalulintas yang lancar.

“Bayangkan, jika kendaraan diparkir di bahu jalan, selain bikin semrawut juga menyebabkan kemacetan di jalan raya. Dari itu, kami himbau kepada pemilik kendaraan agar dapat memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan,” pungkasnya. (jif)

BAGIKAN