BJ Online DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) mengklaim tengah meningkatkan kualitas sosial ekonomi warganya. Salah satunya, dengan pelatihan musik bagi Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan di markas besar Institut Musisi Jalanan (IMJ) Kota Depok.

Sebelum melakukan pelatihan, para peserta telah diseleksi Disnakersos Kota Depok, hasilnya 15 musisi jalanan dapat mengikuti program tersebut. Proses seleksi mulai dari aspek kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang difokuskan bagi yang berdomisili di kota Depok, dan telah memenuhi kriteria penilaian lain yang sudah ditentukan.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan pihaknya ingin PMKS Kota Depok yang telah dilatih dapat memberi kualitas dari segi kemampuan dalam menjaga sikap atau attitude. Ia juga menambahkan informasi mengenai tindak lanjut MoU pemerintah yang kini sudah mulai berjalan.

“Pemkot Depok sudah melakukan MOU dengan 5 perusahaan di Kota Depok untuk bekerjasama dalam memberikan ruang bagi PMKS jalanan yang sudah dilatih, sehingga bisa dipergunakan kesempatan bagi PMKS dengan baik,” ujar Idris.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Kadisnakersos), Diah Sadiah mengaku program tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat Kota Depok. Dengan adanya pelatihan musik, PMKS jalanan dapat meningkatkan kualitas dalam bermain musik maupun meningkatkan kemampuan dalam bersikap yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.

“PMKS jalanan yang telah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kualitasnya dalam bermain musik maupun meningkatkan kualitasattitude-nya,” ujarnya. (jif)

BAGIKAN