Bulu Tangkis Sumbang Sepuluh Atlet ke Olimpiade

575

BJ Online JAKARTA – Cabang olahraga bulu tangkis menyumbangkan 10 atlet terbaiknya ke kejuaraan paling bergengsi di dunia yaitu Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil meski penghitungan terakhir poin baru akan ditetapkan akhir Mei.  “Paling tidak ada 10 pemain sudah aman yang terdiri dari pemain ganda putra dan putri, dua ganda campuran dan dua pemain tunggal putra dan putri,” kata Wakil Sekjen PP PBSI Achmad Budiarto di sela pembukaan Liga Bulu Tangkis Wartawan (LBW) 2016 di lapangan Kemenpora, Jakarta, Kamis (21/4).

Menurut dia, 10 pemain yang akan membela Indonesia di Olimpiade Brazil ini adalah pasangan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Khrishinda, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, Praveen Jordan/Deby Susanto serta Tommy Sugiarto. Khusus untuk tunggal putri hingga saat ini masih diperebutkan oleh dua pemain terbaik Indonesia saat ini yaitu Maria Febe yang saat ini berada diposisi 24 dan Linda Wenifanetri yang berada diposisi 21. Untuk kepastian siapa yang lolos bakal ditentukan hasil kejuaraan Asia.

“Poin kejuaraan ini sama dengan super series. Makanya siapa yang berprestasi bagus pada kejuaraan ini bakal mewakili Indonesia. Kita tunggu saja hingga penghitungan poin terakhir selesai,” katanya, menambahkan.

Untuk masalah target dua emas pihaknya tetap optimistis. Apalagi perkembangan atlet Indonesia terus mengalami peningkatan terutama untuk ganda putri. Dengan demikian, akan menambah peluang Indonesia untuk meraih hasil terbaik. “Greysia/Nitya performanya terus meningkat. Kami harapkan bisa dalam kondisi puncak pada Olimpiade nanti meski masih ada beberapa pertandingan yang harus dijalani,” ucapnya, menegaskan.

Sementara itu terkait pelaksanaan LBW, Achmad Budiarto berharap terus bisa bergulir. Selain sebagai ajang untuk menunjukkan prestasi bagi wartawan yang selama ini berkecimpung di dunia olahraga, termasuk bulu tangkis juga bisa dijadikan ajang untuk menjaga kesehatan. Dalam pembukaan LBW tersebut tidak hanya Wakil Sekjen PP PBSI saja yang hadir, namun juga Humas PP PBSI Yuni Kartika, perwakilan dari sponsor serta perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal ini Karo Humas dan Hukum, Amar Ahmad.

LBW sendiri diikuti oleh puluhan wartawan yang selama ini meliput olahraga. Kegiatawan ini sendiri diprakarsai oleh Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Prestasi bulu tangkis Indonesia saat ini memang lagi naik turun. Bahkan, pada Olimpiade 2012 London tidak ada atlet Indonesia yang mampu menyumbangkan medali emas. Dengan kompetisi pemain yang ada diharapkan tradisi emas bisa kembali diraih. Begitu juga dengan Piala Thomas dan Uber yang akan digelar di China pertengahan Mei. (ant)

BAGIKAN