Pelajar SMK Bogor Ciptakan Moli Berbahan Bakar Sinar Matahari

800

BJ Online BOGOR – Pelajar di Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Negeri 2 Kota Bogor berhasil menciptakan sebuah mobil listrik berbahan bakar sinar matahari (solar system) dengan memanfaatkan barang bekas. Mobil listrik (moli) karya anak bangsa di SMKN 2 Kota Bogor ini dinamai Smart City yang diharapkan dapat menjadi mobil nasional di masa mendatang.

Guru Pembimbing di SMKN 2 Kota Bogor, Abdul Rahman mengatakan, ide awal inovasi pembuatan mobil listrik bertenaga sinar matahari ini dilatarbelakangi keperdulian para siwanya terhadap lingkungan sekitar.

“Kita melihat di sekeliling kita ini banyak sekali barang-barang bekas yang sebetulnya itu masih dapat dimanfaatkan. Terlebih lagi sampai saat ini masih sedikit orang yang mampu memanfaatkan energi sinar matahari yang bersinar selama 12 jam itu untuk digunakan dalam industri otomotif,” ujarnya, ditemui dalam acara Gebyar Pelajar SMK tahun 2016, di Kota Bogor, Rabu (27/4).

Rahman menjelaskan, Smart City karya pelajar di SMKN 2 Kota Bogor ini selain berfungsi sebagai sarana alat transportasi ramah lingkungan juga berfungsi sebagi generator pembangkit listrik berjalan. “Moli ini sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga energy solar system yang tidak terpakai secara otomatis akan tersimpan pada baterai dan itu dapat kita gunakan sebagai generator listrik berjalan,” jelasnya.

Untuk membuat moli para pelajar SMK 2 Bogor memerlukan waktu selama 2 sampai satu bulan. “Kalau soal waktu perakitannya itu tergantung dari dana dan ketersediaan barang-barang yang diperlukan. Kalau semuanya itu siap paling 2 minggu juga sudah beres,” ujarnya.

Pembuatan Moli Smart City, diperlukan dana sekitar Rp4 jutaan per unitnya. Moli karya pelajar SMKN 2 Kota Bogor ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 kilo meter/jam. Sedangkan kekuatan pemakaian baterainya bisa bertahan hingga 6 jam. “Kalau kendala sejauh ini tidak ada, hanya saja kita justru kesulitannya dari sisi dananya,” ungkapnya.

Para siswa dan guru di SMKN 2 Bogor sangat berharap pemerintah atau pihak-pihak terkait lain ikut perduli dan mau membantu para pelajar SMK di Bogor dalam melakukan inovasi teknologi, khususnya untuk mengambangkan mobil listrik bertenaga surya karya mereka itu. “Harapan kami tentu apa yang telah menjadi inovasi kami ini bisa dilirik pemerintah atau pihak lain yang kemudian mau menjadi seponsor kami dalam mengambangkan inovasi ini. Impian kami ini suatu saat benar-benar akan menjadi Smart City karya anak-anak bangsa,” harapan mereka. (bas)

BAGIKAN