Galeri Investasi “MOBILE” Tingkatkan Literasi Keuangan

612

BJ Online Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan program Galeri Investasi “Mobile” dengan menggandeng perusahaan sekuritas dan Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat.

“Galeri Investasi Mobile dapat meningkatkan literasi atau pemahaman masyarakat terhadap keuangan,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono di Jakarta, Selasa.

Melalui Galeri Investasi Mobile, lanjut dia, juga diharapkan dapat lebih meningkatkan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat sekitar kampus, pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai produk dan layanan di sektor pasar modal dapat lebih meningkat.

“Yang lebih penting adalah masyarakat sadar terhadap pentingnya berinvestasi, salah satunya di pasar modal,” katanya.

Ia mengemukakan bahwa Galeri Investasi Mobile ini merupakan “pilot project” bagi program regulator pasar modal dan pertama kali diluncurkan di kantor Kecamatan Jagakarsa, Jakarta, Selasa. Peluncuran program itu, OJK dan BEI menggandeng Universitas Pancasila dan PT Sucorinvest Central Gani sebagai pengelola galeri.

Kusumaningtuti S. Soetiono menambahkan bahwa selama ini, BEI bersama Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta dan perusahaan sekuritas telah menempatkan galeri Investasi di berbagai kampus. Hingga awal bulan Mei 2016, telah beroperasi sekitar 180 galeri investasi di perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana empat diantaranya galeri Investasi syariah.

“Masyarakat bisa langsung berkonsultasi mengenai tata cara berinvestasi di pasar modal, yang paling penting masyarakat paham agar tidak tertipu oleh penawaran produk-produk investasi ilegal atau tanpa izin,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa peluncuran Galeri Investasi Mobile kedua nantinya akan dilaksanakan pada 26 Mei 2016, bekerjasama dengan Universitas Bunda Mulia Jakarta dan PT MNC Securities.

Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan menambahkan bahwa ada antusias dan minat dari masyarakat terhadap investasi, diharapkan dengan aktifnya Galeri Investasi Mobile dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi.

“Bukan hanya edukasi yang didapat masyarakat nantinya, tetapi literasi keuangan. Kita yakin, peningkatan literasi atau melek keuangan di masyarakat akan membawa kesejahteraan masyarakat tumbuh,” ujarnya. Budi Suyanto

(ant)

 

BAGIKAN