Bakamla RI Kumpulkan Pimpinan Coast Guard Se Asia

60

BJ Online JAKARTA – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi penjaga pantai se-Asia, atau Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-12 di Jakarta.

Acara yang digelar hingga 14 Oktober mendatang ini merupakan pertemuan tingkat tinggi para kepala penjaga pantai dari 22 negara di seluruh Asia yaitu, Australia, Bangladesh, Brunai Darusalam, Kamboja, Laos, India, Vietnam, Tiongkok, Korea Selatan, Hongkong, Filipina, Thailand, serta 2 badan observer.

Kepala Bakamla RI, Laksdya Ari Soedewo, mengatakan pertemuan ini berfokus pada pencegahan dan penanganan tindak pelanggaran hukum di laut, perlindungan terhadap lingkungan hidup perairan, SAR, dan peningkatan kapasitas organisasi penjaga pantai. “Selain pertemuan, kami juga mengadakan latihan bersama soal penindakan kasus di laut, SAR, dan prosedur pertolongan di laut,” katanya.

Bakamla mengemban tugas untuk menegakan hukum dalam ranah sipil. Saat ini Bakamla baru diperkuat dengan enam unit kapal yang masing-masing dioperasikan dua di wilayah timur, dua di wilayah barat serta dua di wilayah tengah.

Koordinasi antara Bakamla dengan penjaga pantai negara lain diakui Ari saat ini bisa dibilang berjalan dengan baik.

Masalah dengan anggaran, saat masih berstatus sebagai Bakorkamla hanya mengantongi dana sekitar 400 miliyar, namun saat ini anggaran Bakamla telah mengalami peningkatan. “Tapi tergantung grand design tahun 2017, ada dua kali hingga tiga kali lipat anggaran kenaikan anggrannya,” terang Ari.

Redaktur : Gde Rahadi

BAGIKAN