BJ Online LONDON – Manchester United melaju ke fase 16 besar Liga Europa meski Eric Bailly harus diusir keluar lapangan, setelah gol Henrikh Mkhitaryan di babak pertama mengamankan kemenangan agregat 4-0 atas St Etienne pada Rabu. Hal-hal negatif dalam kemenangan United adalah cedera yang menimpa Mkhitaryan dan gelandang Michael Carrick, yang berpeluang absen pada final Piala Liga Inggris pada Minggu.

United akan didampingi ke fase selanjutnya oleh Schalke 04, yang hasil imbang 1-1nya pada pertandingan leg kedua 32 besar mereka melawan PAOK Salonika sudah cukup untuk mengamankan kemenangan agregat 4-1, dan FK Krasnodar mampu menyingkirkan Fenerbahce.

Krasnodar bermain imbang 1-1 pada malam ini untuk melaju dengan kemenangan agregat 2-1, sedangkan pertandingan-pertandingan 32 besar tersisa akan dimainkan pada Kamis. Manajer United Jose Mourinho menurunkan tim yang kuat termasuk Zlatan Ibrahimovic yang mengemas trigol saat mereka menang 3-0 atas tim Prancis tersebut pada musim lalu, dan tidak membutuhkan waktu lama bagi mereka untuk memperlihatkan keunggulannya.

Juan Mata mendapat ruang di sisi kiri lapangan dan pemain Spanyol itu mengirimkan umpan silang mendatar ke kotak penalti tertuju kepada Mkhitaryan, yang berada di depan pengawalnya dan melepaskan penyelesaian mendatar masuk ke gawang.

Hal itu membuat St Etienne memerlukan lima gol, tantangan teramat sulit untuk mampu mereka jawab bahkan setelah Bailly diusir keluar lapangan pada menit ke-63 setelah mendapatkan dua kartu kuning dalam rentang waktu tiga menit akibat pelanggaran-pelanggarannya terhadap Romain Hamouma.

Mkhitaryan meninggalkan lapangan karena masalah pada otot paha belakangnya dan Carrick menderita cedera betis, yang membuat keduanya meragukan untuk dapat tampil pada pertandingan melawan Southampton pada Minggu di Wembley.

Bagaimanapun, Mourinho meyakini bahwa tidak mengistirahatkan banyak pemain inti menjelang final Piala Liga merupakan keputusan tepat. “Anda dapat cedera saat meninggalkan rumah atau di taman, Anda tidak pernah tahu kenapa, Anda selalu memiliki resiko,” kata Mourinho kepada BT Sport.

“Jika seseorang absen, itu merupakan peluang bagi yang lainnya, meski tidak memiliki keduanya untuk final merupakan hal yang rumit.” Schalke berada di posisi unggul saat melawan PAOK dengan bekal kemenangan 3-0 pada leg pertama, dan mempererat genggaman mereka pada menit ke-32 ketika Alessandro Schoepf mencetak gol untuk pertandingan kedua secara beruntun.

PAOK menyamakan kedudukan dua menit kemudian ketika Matija Nastasic mengarahkan bola ke gawangnya sendiri, namun tidak ada drama lanjutan saat Schalke dengan nyaman mempertahankan keunggulannya.

Krasnodar mengantungi kemenangan 1-0 saat menjamu Fenerbahce dan menggandakan keunggulan agregat itu ketika Fedor Smolov mengemas gol melalui tembakan pertama tim tamu malam itu pada menit ketujuh, sebelum Fenerbahce menyamakan kedudukan ketika pemain Brazil Souza menyambar bola hasil kemelut di mulut gawang. (ant)

BAGIKAN