Ramadhan, Volume Sampah Tambah Menggunung

17

BJ Online TANGSEL – Volume sampah selama bulan ramadhan di kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami kenaikan hingga sepuluh persen. Hal ini lantaran daya beli masyarakat khususnya umat muslim cenderung tinggi‎ atau konsumtif. “Memang benar selama bulan puasa volume sampah meningkat karena ada sedikit peningkatan konsumsi di rumahtangga‎,” ungkap Kepala Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Yepi Suherman.

Kenaikan volume sampah berimbas pada semakin meningkatnya ‎pengangkutan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang di Kademangan, Kecamatan Setu. Kondisi itu berbeda dibandingkan dengan hari biasanya. ‎”Selama bulan puasa volume sampah mengalami kenaikan sekitar 10 persen dari biasanya. Per hari 250 ton, bulan puasa menjadi sekitar 275 ton,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengangkutan dan Pengumpulan Sampah DLH Kota Tangsel, Wisman Syah, mengaku menggunungnya volume sampah selama bulan puasa telah diantisipasi‎ oleh pihaknya sejak lama. Pasalnya hal ini tidak hanya terjadi di Tangsel saja melainkan juga diwilayah manapun. “Kami sudah instruksikan kepada pesapon (tukang sapu), angkut dan kernet untuk jangan sampai ada penumpukan sampah,” tandasnya. (nov)

BAGIKAN