BJ Online BOGOR – Pemerintah Kota Bogor mengaku akan menata seluruh jaringan existing infrastruktur atau kabel jaringan di kotanya yang selama ini terlihat makin kumuh dan semrawut.  “Kita melihat jaringan kabel yang ada di kota ini semakin amburdul dan semrawut. Kondisi itu tidak saja merusak pemandangan dan estetika kota, tetapi bisa juga membahayakan,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfostandi) Kota Bogor, Firdaus, pada pertemuan bersama  16 provider, di kantor Balaikota Bogor, Rabu, (07/06/17).

Menurut Firdaus, pertemuan kali ini untuk membahas kondisi jaringan di kotanya saat ini. Sebab, fakta di lapangan kabel-kabel yang membentang di sepanjang jalan Pajajaran, Warung Jambu sampai ke Lawang Gintung kondisinya tidak sedap dipandang mata dan sebagian ada yang membahayakan pengguna kendaraan.   “Sementara itu untuk menuju sebuah kota yang Smart City (Kota Cerdas) lingkungannya harus nyaman atau minimal sudah ditata,” tegasnya.

Guna mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya kebersamaan semua pihak termasuk dengan provider. Kedepan kabel-kabel itu tidak ada lagi yang membentang dan dipasang di tiang.  “Oleh karenanya sekarang kami kumpulkan para provider ini untuk menyamakan atau menyatukan persepsi guna membuat satu regulasi, regulasi inilah yang nantinya akan menjadikan salah satu upaya Pemkot Bogor dalam.menata jaringan agar lebih baik,” terangnya, usai pertemuan.

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan, bahwa direncanakan kedepan akan dibentuk PT (Perseroan Terbatas) atau unit pelayanan yang menangani langsung infrastruktur jaringan. Jika dari hasil pertemuan ini sudah ada kesepakatan, tahun 2018 direncanakan dan tahun 2019 sudah bisa dijalankan.   “Minimal nantinya sudah ada pengurangan kabel-kabel yang membentang atau upaya dari provider untuk menata kabel tersebut,” tegas Firdaus. (bas)

BAGIKAN