Tiga Mahasiswa IPB, Ciptakan Produk Kecantikan dari Limbah Kulit Jeruk

30

BJ Online BOGOR –  Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (FEM IPB), berhasil memanfaatkan limbah kulit jeruk sebagai bahan alami produk kecantikan yang diberi nama O’Scrub.

O’Scrub sebagai salah satu produk kosmetik hasil kreativitas tiga mahasiswa di IPB, yakni Jeni Putra, Anisa Vidiarezky dan Ivo Alnora Hutauruk,  mulai dikenalkan kepada public pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, bidang Kewirausahaan (PKM-K), di Bogor belum lama ini.

Anisa Vidiarezky, ditemui kampusnya mengatakan, pertumbuhan idustri kosmetik dan produk-produk kecantikan lainnya di Indonesia, terus berkembang pesat. Hal ini disebabkan seiring dnegan makin meningkatnya kebutuhan dan permintaan konsumen.  “Memiliki kulit bersih, tampil cantik dan sehat, tentu menjadi dambaan setiap orang. Apalagi bagi wanita, waaau….!!,” ujar Anisa, di kampus IPB Darmaga, Rabu, (07/06/2017).

Dilatar belakangi hal itulah, Anisa bersama teman-temannya berinisiatif memanfaatkan limbah jeruk sebagai salah satu bahan produk kecantikan yang mereka beri nama O’Scrub. “Kita berharap O’Scrub ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya kesehatan kulit, dan melestarikan racikan perawatan kulit tradisionial asli Indonesia yang sehat dan alami,” kata meraka.

O’Scrub sebagai produk penggosok perawatan kulit dengan bahan dasar alami dari limbah kulit jeruk, diklaim aman untuk kulit tanpa ada efek samping dan yang pasti harganya juga jauh lebih terjangkau. “Setiap harinya seseorang melakukan regenerasi kulit, sehingga akan muncul kulit yang sudah tidak produktif yang akan mati. Bila kulit mati tersebut tidak bersihkan maka kulit mati tersbut akan menumpuk dan menyebabkan kulit terlihat kusam atau penyakit kulit lainnya,” kata mereka.

Dengan menggunakan bahan alami, yaitu kulit buah jeruk yang digabung dengan bahan scrub lainnya, diharapkan produk ini dapat menarik pasar konsumen yang gemar terhadap produk alami. “Kami tahu bahwa kulit jeruk sendiri mengandung beberapa zat yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah alami,” imbuh Jeni Putra. (bas)

BAGIKAN