Jelang Lebaran, Disnaker Mulai Buka Posko Pengaduan THR

31

BJ Online TANGSEL – Menjelang hari raya Idul Fitri, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuka posko pengaduan di kantornya. Posko ini sengaja dibuka untuk menampung laporan dari pekerja yang tidak puas atau bahkan tak memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR). “Posko ini untuk membantu buruh yang tidak menerima THR bisa meminta pendampingan supaya dapat diselesaikan,” ungkap Kepala Disnaker Tangsel, Purnama Wijaya.

Pendirian Posko THR ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan. Hal ini sesuai aturan yang berlaku dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan. “Semua perusahaan berkewajiban memberikan THR. Kami juga melayangkan surat edaran kepada semua perusahaan agar dipahami bersama,” imbuhnya.

Industri resmi yang ada di Tangsel tercatat mencapai 2.802 perusahaan. Perusahaan tersebut dimaksud mempekerjakan karyawan lebih dari 10 orang. Pemberian THR diberikan tujuh hari sebelum lebaran. “THR wajib diberikan tujuh hari sebelum lebaran. Jika sampai tidak diberikan hingga lebaran kurang dua hari tanpa ada kejelasan dari perusahaan wajib melaporkan kepada posko supaya dapat ditindak lanjuti,” tandasnya. (nov)

BAGIKAN